oleh

Walikota Burhan Abdurahman Ikuti Video Conference Bersama Mendagri

TERNATE,MSC-Walikota Ternate DR Burhan Abdurahman yang saat ini menjalani isolasi mandiri, pada Kkamis (9/4/2020) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) melalui Vidio Conference dengan Menteri Dalam Negeri, beberapa Menko dan Menteri  dari kediamannya di kelurahan Moya kecamatan Kota Ternate Tengah.

Pada kesempatan itu, Walikota Burhan Abdurahman menyampaikan, bidang kesehatan dan ekonomi yang menjadi prioritas Pemerintah Kota Ternate terkait dengan langkah penanganan Covid-19.

Walikota menggaris bawahi penjelasan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, dimana Pendapatan Negara berkurang sebagai dampak dari Covid-19. Akibatnya, dana transfer ke daerah juga akan ikut berkurang atau akan dilakukan penyesuaian.

Oleh karena itu, kata Walikota sebagaimana arahan Kemenkeu, Pemerintah Daerah dihimbau untuk melakukan penyesuaian terhadap belanja yang sudah ada dalam APBD 2020 terutama untuk belanja yang dinilai tidak terlalu urgent  seperti Bimtek, Perjalanan Dinas, ATK dan sejumlah kegiatan lainnya.

Bahkan menurut Walikota Burhan Abdurahman, untuk pekerjaan yang sudah dikontrakan disarankan dilakukan negosiasi perpanjangan masa pembayarannya. “Jadi permintaan Menkeu kita di daerah melakukan negosiasi kembali untuk perpanjangan masa pembayaran,”ungkapnya.

Pada saat yang sama, Burhan Abdurahman menepis isu penutupan pasar di Kota Ternate selama 3 hari ke depan. “Itu tidak benar, masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi seperti itu,”himbaunya.

Bahkan Burhan Abdurahman kembali menghimbau masyarakat tetap patuh terhadap Maklumat bersama yang sudah dikeluarkan dan Protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti halnya tidak berada dan menciptakan kerumunan sesuai maklumat Kapolri, menerapkan social distancing, physical distancing serta mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak penting.

“Jadi masyarakat diimbau untuk tidak berkerumun, menghindari keramaian, menerapkan social distancing dan physical distancing, mari lebih disiplin ikuti arahan pemerintah guna bersama memutus penyebaran virus Corona ini,”kata Burhan Abdurahman.

Untuk menindaklanjuti hasil Vidio Conference dengan Mendagri, Walikota selaku Ketua Gugus Tugas Kota Ternate, Jumat (10/4/2020) akan menggelar rapat melalui Vidio Conference dengan Tim Gugus Covid Kota Ternate pada jam 09.00 WIT. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed