oleh

Maluku Utara Terima 3.000 APD dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat

TERNATE,MSC-Gugus Tugas (Gustu) Corona Virus disease (Covid-19) pusat menggelontorkan bantuan sebanyak 3.000 alat pelindung diri (APD) penanganan corona virus disease (covid-19) untuk Provinsi Maluku Utara (Malut), Sabtu (11/4/2020).

Bantuan Gustu nasional kepada Gustu Provinsi Malut itu tak hanya APD akan tetapi 6.000 Masker. Tiba di Bandara Sultan Babullah dengan peswat Hercules Boing 737 milik TNI Pesawat dengan nomor Penerbangan A 7304, sekitar pukul 07.15 menit dari Jakarta.

Jumlah bantuan masing-masing, 3.000 pcs APD (60 koli) dan 6.000 pcs Masker (3 koli), diterima langsung Koemdan Korem 152 Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P,M.M  dan langsung diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr Idhar Sidi Umar.

“Kita kembali mendapatkan bantuan, kali ini dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat, Satu set APD terdiri dari baju dan celana. Ada 60 koli. Satu koli isi 50 jadi totalnya 3.000 set,”kata Ali Yau, sekretaris BPBD Provinsi Maluku Utara.  

APD bantuan Gustu pusat ini, menurut Ali Yau, sebelum didistribusikan disimpan dulu di Gugus Tugas Covid-19 Malut. “Sebelum didistribusikan ke RS rujukan se-Malut kita akan berkoordinasi dulu dengan dinas kesehatan,” ujarnya.

Bantuan ini menjadi bantuan yang kedua dikirim Tim Gugus Tugas Covid-19 Pusat, yang pertama tiba pada awal april lalu. “Dengan bantuan ini, diharapkan bisa meringankan kerja tim medis yang berjuang untuk menyembuhkan pasien covid-19,” ujar Sekretaris BPBD.

Menurut Ali Yau, dengan adanya kelengkapan APD ini diharapkan bisa membantu petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus Corona. Ali Yau meyakini APD dari pusat ini akan membantu petugas-petugas medis yang saat ini berada di garda terdepan.

Menurut Ali Yau karena tim medis bekerja di garda depan, mereka rawan tertular covid-19 bila tidak dilengkapi APD memadai. Dengan APD ini Pemprov Malut, Ali Yau mengatakan, ingin memastikan tenaga medis yang ada di Malut bekerja dengan perlindungan terbaik.

Ali Yau mengatakan, ingin memastikan tenaga medis yang ada di Malut bekerja dengan perlindungan terbaik. (red).

Bagikan

Komentar

News Feed