oleh

19 ABK KM Dorolonda Reaktif Hasil Rapid Test di Pelabuhan Ternate

TERNATE,MSC-Sebanyak 19 ABK KM Dorolonda dinyatakan reakatif (positif) berdasarkan hasil Rapid Test yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate.

KM Dorolonda yang tiba di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Kamis (16/04/2020). Selain 19 ABK dan 2 orang penumpang tujuan Ternate dinyatakan Reaktif pada saat pemeriksaan rapid test.  

Selanjutnya, tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara melakukan evakuasi terdahap 19 ABK kapal milik PT. Pelni itu ke Sahid Bela Hotel Ternate. Untuk dua penumpang, satunya tujuan Ternate langsung oleh Gugus Tugas Kota Ternate dikaratinakan di Vellya Hotel, sedangkan satunya akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Morotai.

“Satu penumpang yang akan lanjut ke Pulau Morotai, terpaksa kami karantina sementara sambil menunggu transportasi ke Morotai. Kekuatiran kami jangan sampai yang bersangkutan sambil menunggu transportasi ke Morotai akan melakukan kontak dengan warga lainnya,”ungkap Sekretaris Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, Samsudin Kadir kepada wartawan.

Menurut Samsuddin yang juga sekprov Malut, langkah Pemprov Malut melalui Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Malut untuk memutuskan mata rantai penularan wabah pandemik covid-19 ini terhadap penumpang yang ada di atas kapal.

Samsuddin menjelaskan riwayat 19 ABK KM Dorlonda rute perjalanan dari dari Jakarta kemudian Ambon, Ternate dan rute terakhir ke Bitung, untuk berapa hari 19 orang ABK KM Dorlonda di karantina di Ternate, akan dibahas bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Malut.

Terkait rute keberagkatan kapal nanti ke Bitung, kata Samssuddin akan dilakukan koordinasi tim Gugus Malut dengan pihak terkait termasuk PT Pelni.

“Yang pasti kapal ini akan berangkat dari pelabuhan Ternate akan tetapi kita masih koordinasi seperti apa nantinya,”kata Samsuddin. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed