oleh

Peduli Covid-19, DKP Malut dan PPN Ternate Bagi Sembako ke Nelayan

TERNATE,MSC-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara bersama bersama Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate, Jumat (17/04/2020) melakukan kegiatan aksi sosial peduli kemanusian dengan nama Bakti Sehat Nelayan yang terpusat di PPN Ternate.

Aksi peduli kemanusian pencegahan dalam penularan Covid-19 tersebut, dengan membagikan masker dan sembako secara gratis, kepada masyarakat nelayan yang terkena dampak Covid-19.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, M Buyung Radjiloen dalam rillis menyebutkan, aksi sosial sebagai berbuat kebaikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial, karena dampak dari Virus Corona yang sementara melanda Indonesia dan dunia saat ini.

DKP Malut bersama pihak PPN Ternate, sesuai arahan dari Menteri Kelautan dan Perikanan kepada seluruh daerah, agar melakukan kegiatan bakti sosial Sehat Nelayan dengan pemberian sembako berupa beras 5 kilo, masker, Handsanitizer kepada nelayan.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban hidup nelayan yang terkena dampak dari wabah virus Corona. Dalam kegiatan ini  tetap mengacu pada peraturan protokoler kesehatan dari pemerintah.

Buyung menjelaskan, kegiatan ini akan memberikan dorongan dan semangat kepada nelayan untuk tetap semangat dalam melakukan aktivitas penangka pan ikan tetap dilakukan dengan baik, walaupun dalam kondisi darautat Covid-19.

“Dan terutama tetap menjaga kesehatan selama melakukan aktivitas di laut, kegiatan ini menjadi gerakan sosial yang baik dalam rangka untuk melakuka kepedulian kita terhadap masyarakat yang terkena dampak khususnya masyarakat nelayan walau dalam kondisi wabah Corona yang masih melanda,” jelasnya

Lebih lanjut kata Buyung, kegitatan bakti sehat nelayan sebagai bentuk aksi peduli kemanusian dengan memberikan dorongan moril dan motivasi untuk memberikan semangat kepada nelayan walaupun dalam kondisi wabah Covid-19.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi suatu gerakan yang baik, agar mendorong nelayan tetap bertahan dan selalu melakukan aktivitas sebagai nelayan”, pinta Buyung .

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate, Kamarudin menambahkan, kegiatan ini dengan nama Progam Bakti Siaga Nelayan yang meliputi Bakti Sehat Nelayan dengan pemberikan Alat Pelindung Diri (APD) dan supleman dan obat kepada nelayan.

Selain itu, kegiatan Bakti Sosial dengan pemberian sembako berupa beras dan yang ketiga adalah Bakti Usaha Nelayan yakni dengan pemberian kredit terhadap nelayan yang akan difasilitasi pihak PPN Ternate dan DKP Malut.

Jumlah bantuan yang diberikan kepada nelayan berupa bantuan 100 sak beras ukuran 5 kg, bantuan masker kain 500 buah, vitamin 50 dos, Hand Sanitizer 50 botol, dan sekaligus dilakukan dengan penyemprotan desinfektan di wilayah PPN dan kapal nelayan. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed