oleh

Pekan TLM ke 34, DPW Patelki Malut Gelar Aksi Sosial

TERNATE,MSC-Dalam rangka Pekan Tekonologi Laboratorium ke-34, Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (DPW PATELKI) Provinsi Maluku Utara, Senin (20/4/2020) menggelar bakti sosial.

Bakti sosial yang dilakukan Patelki Peduli dengan berbagi yang menjadi sarana organisasi untuk menumbuhkan jiwa sosial dalam bentuk pelayanan nyata PATELKI terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan pada masa pandemi covid 19.

“Kami memberikan sedikit bantuan kepada ODP yang lagi dikarantina di Hotel Veliya Ternate. Bantuan diberikan kepada keluarganya berupa sembako untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka selama suaminya dikarantina,”ungkap Ketua DPW Patelki Malut, Riny Ariani Amra S.Si.

Selain itu juga, kata Riny dilakukan kunjungan ke panti jompo himo-himo Ternate sebagai bentuk kepedulian terhadap lansia. Dimana usia ini sangat beresiko tinggi terhadap penularan Covid-19. “Kegiatan yang dilakukan pembagin masker kain yang bisa dicuci serta pemberian vitamin, susu untuk suplemen mereka,”katanya.

Pemberian edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBs) dengan himbauan untuk memakai masker dan tidak keluar dari areal panti. Kunjungan juga dilakukan ke panti asuhan Al Yatama disertai dengan pemberian suplemen dan sembako.

Tak hanya itu, DPW Patelki juga melakukan pemberian suplemen sebagai bentuk suport organisasi terhadap ATLM (ahli teknologi laboratorium medik) yang bertugas pada garda terdepan yaitu di rumah sakit Chasan Bosoeri Ternate, Labkesda Kota Ternate dan rumah sakit lainnya di Kota Ternate.

“Tujuannya agar stamina ATLM yang bertugas tetap terjaga, selalu bekerja sesuai SOP dan menggunakan APD yang lengkap serta dapat menguatkan mental dan fisik ATLM yang menjalankan tugasnya dalam team penanggulangan covid 19,”ujar Riny.

Unutk itu, Riny menyampaikan kepada ATLM yang masuk dalam tim Covid-19 selalu semangat menjalankan tugas mulia melawan Covid-19. “Saya bangga rekan-rekan menjadi bagian dalam perjuangan yang sangat mulia melawan covid 19 ini,”sebutnya.

Kata Riny dengan penuh tanggung jawab tantangan dan resiko serta semangat dapat mewujudkan harapan agar kita semua dapat bersama-sama melewati masa-masa pandemic.

“Tetap menjaga daya tahan tubuh selalu konsumsi vitamin, istirahat cukup serta menggunakan  APD dengan benar dan lengkap saat bertugas dan selalu melakukan tindakan aseptik. Untuk pemerintah kiranya dapat menyediakan suplemen dan APD yang lengkap sesuai standar serta tercukupi di semua fasyankes,”pintahnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed