oleh

PT Pelni Akan Pulangkan 19 ABK Dorolonda

TERNATE,MSC-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara akan memulangkan 19 orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Dorolonda, yang kini menjalani isolasi di Sahid Bela Hotel.

Pemeriksaan dilakukan petugas pada Kamis (16/4/2020) lalu di Pelabuhan Ternate. Ada 259 penumpang dan 134 ABK KM Dorolanda yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Tiga penumpang dan 19 ABK KM Dorolonda berdasarkan hasil Rapid Test Reaktif (positif) saat diperiksa di Pelabuhan Ternate. Mereka kemudian dikarantina di Sahid Bela Hotel dan Vellya Hotel.

Humas Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, Mulyadi Tutupoho menjelaskan, 19 ABK akan segera dipulangkan setelah Gugus Tugas Malut melakukan koordinasi dengan PT Pelni. “Kita sudah lakukan koordinasi untuk proses pemulangan mereka,”kata Mulyadi Tutupoho, Senin (20/4/2020).

Dari hasil koordinasi lanjut Mulyadi Tutupoho, PT Pelni siap memulangkan 19 ABK dan proses pemulangan masih menunggu waktu yang tepat. “Kesepakatan semuanya akan dipulangkan oleh PT Pelni,”sebut Mulyadi.

Menurutnya, kebijakan untuk melakukan karantina terhadap 19 ABK tersebut sebagai bagian dari upaya pencegahan. Sebab katanya, di dalam kapal tersebut ada penumpang asal Maluku Utara. “Pertimbangan kita saat itu, ada penumpang asal Maluku Utara yang ikut dalam pelayaran,”ujarnya.

Sebelumnya, Direktur LSM Rorano Maluku Utara, Asghar Saleh mendesak agar gugus tugas Provinsi segera memulangkan 19 ABK yang diisolasi, dengan melakukan koordiansi PT Pelni sebagai penanggung jawab.

“Kita disini butuh swab test, butuh VTM, butuh tempat isolasi untuk warga. Tak perlu menambah pekerjaaan baru dengan menampung  yang bukan warga Maluku Utara, kalau Sahid hotel penuh kemana lagi warga mau ditampung jika ada yang reaktif,” tegasnya.  

KM Dorolonda merupakan salah satu kapal milik PT Pelni (Persero) dengan kapasitas 2.000 orang. Kapal ini memiliki rute pelayanan Tanjung Priok – Surabaya-Makassar-Baubau-Namlea-Ambon-Ternate-Bitung-Ternate-Ambon-Namlea-Baubau-Makassar-Surabaya-Tanjung Priok. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed