oleh

2 Jemaah Peserta Ijtima Gowa Asal Ternate Positif Corona

TERNATE,MSC-Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara menyebutkan, berdasarkan hasil uji Laboratorium Balai Besar Kesehatan Makassar terdapat 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 8 orang terkonfirmasi Positif, terdapat dua warga Kota Ternate, Maluku Utara dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Mereka adalah jemaah yang pulang dari kegiatan tablig di Gowa, Sulawesi Selatan, bertajuk Ijtima Dunia 2020 Zona Asia, Maret lalu.

Berdasarkan data Gugus Tugas menyebutkan, keduanya selanjutnya disebut pasien 08 dan pasien 09 asal Kota Ternate. Keduanya dengan riwayat perjalanan Makassar-Ternate pada tanggal 19 Maret lalu, dan dilakukan pemeriksaan rapid test.

Dari hasil rapid test yang dilakukan pada tanggal 14 April 2020, pasien 08 dan pasien 09 hasil reaktif (positif) dan langsung di lakukan karantina di Sahid Hotel. Satus pasien 08 pasien dalam pengawasan (PDP), sedangkan pasien 09 berstatus orang dalam pengawasan (ODP).

Unutuk 6 orang lainnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagaimana disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Malut, dr. Alwia Assagaf menyebutkan, pasien 07 asal kota Ternate riwayat perjalanan Surabaya-Ternate pada tanggal 7 April 2020, dan dilakukan rapid test pada 13 April dengan hasil Reaktif (Positif) dan besoknya 14 April langsung melakukan isolasi mandiri.

“Pasien tersebut langsung dijemput karena menjalani isolasi mandiri di rumah,”kata Alwia Assagaf dalam Konferensi Pers, Rabu (22/4/2020) di Media Center, posko Sahid Hotel Ternate.

Untuk pasien 010 asal Kota Tidore Kepulauan (Tikep) riwayat perjalanan Bandung-Ternate pada tanggal 3 April 2020, dan langsung dilakukan rapid test pada tanggal 8 april dengan hasil reaktif. Pada tanggal 12 April status pasien tersebut sebagai pasien dalm pengawasan (PDP) pada tanggal 12 april dilakukan karantina di Sahid Hotel.

Sedangkan untuk pasien 011 asal Halmahera Utara (Halut), riwayat perjalanan Makassar-Ternate pada 23 Maret, hasil rapid test yang dilakukan pada tanggal 10 April dengan hasil reaktif.Pasien tersebut bersatus orang dalam pengawasan (ODP) dan langsung dikarantina di Sahid Hotel pada tanggal 12 April 2020.

Sementara untuk pasien 012 asal Halmahera Utara (Halut) riawayat perjalanan Makassar-Ternate pada tanggal 23 Maret dan dilakukan Rapid Test pada tanggal 10 April 2020 dengan hasil reaktif. Selantunya ditetapkan sebagai orang dalam penawasan (ODP) dan dikarantina pada tanggal 12 April di Sahid Bela Hotel.

“Dealapan pasien terkonfirmasi positif Corvid-19 berjenis kelamin laki-laki dengan umur umur 20 sampai 54 tahun,” kata Alwia Assagaf. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed