oleh

Satu OTG Warga Buli Dirujuk ke Ternate, Diketahui Kontak Pasien Positif

MABA,MSC-Salah satu warga Buli Kabupaten Halmahera Timur dengan status orang tanpa gejalan (OTG) dirujuk ke Ternate guna dilakukan pemeriksaan lanjutan di RSUD Chasan Bosoirie, Jumat (24/4/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Haltim melalui Kabag Komunikasi Pimpinan, Yusup Talib menjelaskan, kendati yang bersangkutan dalm kondisi sehat, akan tetapi tim Gugus mengambil keputusan agar yang bersangkutan tetap dirujuk ke RSUD Chasan Bosoirie.

Sebab kata Yusup Talib, OTG tersebut dari hasil tranking memiliki kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Halmahera Utara asal Demak Jawa Tengah, yang kini menjalani isoalsi di RSUD Chasan Bosoirie Ternate.

“OTG yang dirujuk tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya, sementara  dalam perjalanan pulang Surabaya-Ternate, diketahui satu penerbangan dengan salah satu pasien positif corona yang sempat melarikan diri dari Tobelo Halmahera Utara dan diamankan oleh pihak keamanan di Sofifi baru-baru ini,”kata Yusup Talib, .

Dikatakan, selain pasien yang dirujuk, Tim Gugus juga tetap melakukan pemantauan dan pengawasan kepada sejumlah orang yang diduga berintraksi dan kontak langsung dengan pasien. Sehingga itu tim akan lebih memastikan jika pasien tersebut benar benar tidak terjangkit virus tersebut.

“Tim gugus tetap melakukan pengawasan ketat terhadap pasein bukan yang dirujuk akan tetapi semua anak-anak yang kemarin ikut peknik di pulau semuanya dalam pengawasan ketat oleh petugas,” katanya.

Yusup Talib juga menghimbau, seluruh warga Haltim agar bisa mendorong dan membantu pemerintah dalam rangka menghadapi wabah Corona dengan cara  menjalankan dan mematuhi anjuaran pemerintah terkait Isolasi mandiri, serta tetap diam di rumah, menggunakan masker dan menjaga kesehatan.

“Peran warga untuk memutuskan rantai penyebaran sangat penting, setidaknya patuh dan turut terhadap anjuran yang disampaikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu juga, bagi mahasiswa asal Haltim yang telah kembali yang memiliki riwayat perjalanan daerah terpapar, diharapkan dapat melaporkan diri dan melakukan isolasi mandiri.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed