oleh

Social Distancing Tak Jalan, Gustu Provinsi Panggil Gustu Kota Ternate

TERNATE,MSC-Imbauan kepada masyarakat agar mengurangi interaksi antarorang di komunitas dan ruang publik (social distancing) akan efektif memperlambat laju penularan COVID-19, sementara di kota Ternate tak jalan maksimal.

Sebab social distancing dan berbagai langkah mitigasi lainnya seperti pengetesan massal yang tidak optimal, akan gagal mencegah peningkatan jumlah infeksi secara eksponensial dan menimbulkan beban berat pada sistem kesehatan.

Tidak maksimalnya social distancing di kota Ternate telah menjadi perhatian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, sebagaimana hasil pemantauan Gustu di lapangan. Sebab akan jadi sia-sia upaya pencegahan penyebaran merebaknya Covid-19.

“Besok Gustu Provinsi akan panggil Gustu Kota Ternate, terkait dengan masih maraknya warga di kota Ternate berkerumun terutama di pasar dan beberapa lokasi public lainnya,”ungkap Koordinator Kehumasan, Mulyati Tutupoho kepada wartawan, Minggu (26/4/2020).

Mulyadi mengatakan, Gustu Provinsi akan bersama Gustu kota Ternate membahas soal kedisplinan masyarakat kota yang masih kurang bagus terkait dengan protokuler Covid-19 seiring dengan angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

“Ya, tentunya kita akan membicarakan soal kendala maupun hambatan sehingga belum maksimalnya masyarakat kota Ternate dalam penerapan social distancing,” kata Mulyadi Tutupoho.  

Untuk Kota Ternate menurut Mulyadi, focus untuk kedisiplinan tempat-tempat penjualan takjil dan pasar-pasar itu belum terlihat adanya protokuler kesehatan, sehingga Gugus Provinsi harus masuk melakukan intervensi.  

Saat ini upaya untuk pembatasan masuk dan keluarnya orang di Maluku Utara, kata Muyadi Tutupoho telah dilakukan dengan kebijakan penghentian sementara jalur transportasi laut maupun udara.

Untuk itu, lanjut Mulyadi Tutupoho, kebijakan tersebut harus diikuti dengan peran serta masyarakat untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah social distancing di seluruh kabupaten dan kota. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed