oleh

Pansus Rekomendasi Tutup Semua Jalur Transportasi di Maluku Utara

TERNATE,MSC-Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Maluku Utara merekomendasikan, menghentikan transportasi antar kabupaten kota dalam wilayah provinsi Maluku Utara baik darat, laut maupun udara selama 20 hari termasuk waktu persiapan penutupan selama 3 hari, sebagai salah satu cara memotong rantai penyebaran lokal (local transmission).

Hal itu disampaikan Pansus dalam rapat bersama gugus tugas Provinsi dan gugus tugas Kota Ternate, Selasa (27/4/2020) bertempat di eks Bank Mandiri jalan Arnold Mononutu  Ternate.

Selain rekomendasi menyebutkan, menutup pasar dan pusat perbelanjaan selama 17 hari dan melakukan penyemprotan desinfektan secara massal di rumah rumah penduduk. Selanjutnya Pansus juga merekomendasi melakukan surveilans dengan prioritas pada wilayah terjangkit dengan berbasis desa/kelurahan, untuk mendata penduduk yang kemungkinan terpapar virus.    

Memberikan bantuan obat obatan, makanan dan BLT kepada masyarakat yang rentan.

Meningkatkan kapasitas pelayanan Rumah Sakit Dr. Chasan Boesoirie dan diprioritaskan untuk pelayanan covid-19 serta mendorong peran Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta lainnya untuk penyakit selain Covid-19, serta meningkatkan kapasitas Karantina sesuai standar dan prosedur operasional karantina.

Ketua Pansus Ishak Naser kepada wartawan usai pertemuan bersama menyampaikan, pertimbangan Pansus penutupan 20 hari seluruh jalur transportasi sudah diperhitungkan dengan ketersediaan stok pangan. “Jadi stok pangan yang tersedia untuk selama 20 hari sudah sangat cukup,”kata Ishak.

Diakui Ishak Naser, untuk poin penutupan seluruh transportasi antar kabupaten dan kota, belum dapat disanggupi oleh Gugus Tugas Provinsi dengan pertimbangan masih melihat regulasi yang akan bertentangan, terutama pemberlakuan PSPB. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed