oleh

OTG 485 orang, 27 Orang Kontak Pasien Positif

TERNATE,MSC-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Rabu (29/4/2020) kembali merillis update kasus Covid-19 di Malut, terjadi peningkatan khususnya kasus orang dalam pemantauan (OTG).

“Jumlah orang tanpa gejala (OTD) adanya masih ada peningkatan pada hari ini yakni sebanyak 27 orang hasil dari tracking kontak pasien terkonfirmasi positif sebelumnya, sehingga total OTG sebanyak 485 orang,”kata Juru Bicara Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf dalam rillisnya.

Julmah OTG tersebar di enam kabupaten dan kota, sedangkan empat kabupaten yakni, Haltim, Morotai, Taliabu dan Sula tidak memiliki kasus OTG. Kota Ternate masih memegang rangkin tertinggi dengan jumlah OTG sebanyak 166 orang.

Sedangkan posisi kedua Kota Tidore Kepulauan (Tikep) jumlah OTG sebanyak 127 orang, Halmahera Utara jumlah OTG sebanyak 97 orang, Halmahera Selatan jumlah OTG sebanyak 71 orang, Halmahera Barat sebanyak 23 orang dan Halmahera Tengah jumlah OTG hanya 1 orang.

Alwia menjelaskan, untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) pada hari ini ada penambahan 2 orang secara kumulatif, tetapi ada di beberapa daerah yang terjadi pengurangan sementara yang ada penambahan yaitu Halbar, Ternate, Sula dan Morotai.

Dari jumlah total ODP di Maluku Utara saat ini mencapai 205 orang, yang terbanyak kabupaten Halmahera Utara dengan jumlah ODP sebanyak 75 orang. Disusul kota Ternate dengan jumlah ODP sebanyak 40 orang, Halmahera Selatan jumlah ODP sebanyak 36 orang.

Sealnjut jumlah ODP untuk Pulau Morotai sebanyak 13 orang, Halmahera Timur sebanyak 12 orang, Sula jumlah ODP sebanyak 8 orang, Tikep jumlah ODP sebanyak 7 orang begitu juga Taliabu jumlah ODP sebanyak 7 orang dan kabupaten Halmahera Tengah tak memiliki ODP.

Untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) ada perubahan di Halmahera Barat dimana 1 PDP meninggal, sedangkan ada penambahan 1 orang dari Kepulauan Sula sehingga jumlah PDP secara total Maluku Utar sebanyak 7 orang.

Jumlah PDP hanya berada di tiga daerah yakni, Kabupaten Halmahera Barat sebanyak 3 orang, Kota Ternate dan Kepulauan Sula masing-masing 2 orang PDP, sehingga total PDP di Maluku Utara 7 orang.

Pasien postif terdapat di Kota Ternate sebanyak 10 orang, Tikep 12 orang, Halut 2 orang, Halbar 1 orang dan 1 orang dari Halmahera Selatan, sehingga total 26 kasus.

“Kasus pasien terkonfirmasi positif 26 kasus, sedangkan 3 dianataranya telah dinyatakan sembuh.,”kata Alwia Assagaf.

Pada saat ini yang sementara dirawat di ruang isolasi RSUD Chasan Bosoirie sebanyak 15 kasus positif covid-19 (termasuk 1 konfirmasi demak), serta 1 orang kasus PDP.

Dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 8 pasien terkonfirmasi positif, termasuk 31 OTG, 10 ODP dan 1 PDP. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed