oleh

8 Orang dan 5 ABK Dorolonda Akhiri Masa Isolasi dan Dipulangkan

TERNATE,MSC-Sebanyak 8 orang pelaku perjalanan yang menjalani isolasi di Sahid Bela Hotel Ternate serta 5 orang ABK KM Dorolonda tlah mengakhiri masa isolasi dan akan dipulangkan.

“Sebanyak 8 pelaku perjalanan dan 5 Orang ABK Dorolonda hasil swab test negatif dan telah mengakhiri masa isolasi, makanya mereka segera dipulangkan,” kata juru bicara Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf saat dikonfirmasi, Jumat (1/5/2020) malam ini.

Untuk 8 orang pelaku perjalana termasuk keluarga pasien terkonfirmasi positif asal Demak juga akan dipulangkan, pada Sabtu (2/5/2020) pagi. “Kalau Halut termasuk keluarga tuan Z pasien asal Demak yang berdomisili di Tobeloa,”kata Alwia Assagaf.

Kedelapan negatif tersebut masing-masing berasal dari, 4 orang Halmahera Utara, 1 orang asal Halmahera Timur, 1 orang asal Halmahera Tengah dan 2 orang asal Kota Tidore Kepulauan (Tikep). “Untuk pasien 04 asal Tikep sore akan dipulangkan,”kata Alwia Assagaf.

Unutk itu kata Alwia Assagaf beradasarkan laporan dariKarantina Wilayah Malut, diharapkan gugus tugas kabupaten dan kota agar segera menjemput mereka yang dipulangkan termasuk asal Halut yang akan dijemput di Sofifi.

Sementara untuk 5 orang ABK KM Dorolonda akan dipulangkan oleh PT Pelni Ternate ke Jakarta pada tanggal 4 Mei nanti.

Sedangkan terdapat 6 orang ABK KM Dorolonda yang belum dipulangkan, kata Alwia Assagaf karena 6 orang lainnya yang hasilnya negatif telah berinteraksi dengan temannya yang positif.

“Mereka 6 orang hasilnya memang negative tetapi mereka telah berinteraksi dengan teman mereka 8 orang yang negatif, karena itu harus tetap dikarantina sambil menunggu hasil Swab Test ulang untuk memastikan tidak ada transmisi local,”katanya.

Seperti diketahui jumlah ABK KM Dorolonda sebanyak 19 orang, dan 8 orang diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Dan 11 orang hasil pemeriksaan Swab Test dinyatakan negatif. Tetapi 6 orang telah berinteraksi dengan pasien positif sehingga masih dilakukan karantina.

Seemntara itu Koordinator Humas Gugus Tugas Malut, Mulyadi Tutipoho berharap 8 orang yang dipulangkan agar tetap menjaga kondisi kesehatan dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah serta menjalani protap kesehatan sebagai bagian dari pencegahan penyebaran covid-18.

“Selamat berkumpul dengan keluarga dan jalani terus protap kesehatan,”pintah Mulyadi Tutupoho seraya berharap agar masyarakat dapat menerima kembali mereka yang sempat disiolasi. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed