oleh

Kajian Epidemiologi 6 Kasus Transmisi Lokal, Ternate Daerah Resiko Tinggi

TERNATE,MSC-Enam kasus postif terkonfirmasi Covid-19 di Kota Ternate masuk dalam kasus transmis local, dimana pasien positif Covid-19 dari klaster luar daerah telah menulari warga setempat. Sehingga kota Ternate merupakan daerah risiko tinggi, karena telah terjadi transmisi lokal dengan riwayat pasien yang terinfeksi.  

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr.Alwia Assagaf menuturkan, berdasarkan hasil analisa dan kajian epidemiologi telah terjadi enam kasus transmisi local di Kota Ternate.

“Berdasarkan hasil analisis dan kajian epidemiologi maka dapat diambil kesimpulan bahwa di kota Ternate merupakan daerah risiko tinggi, dan telah terjadi transmisi lokal dengan riwayat pasien yang terinfeksi,”ungkap dr. Alwia Assagaf saat konferensi pers, Senin (4/5/2020) di media center posko Sahid Hotel Ternate.

Dikatakan, enam kasus terjadinya transmisi local atau penularan diantaranya, pasien 01 ke pasien 02, pasien 04 ke pasien 43, pasien 08 ke pasien 48, kasus pasien 07, kasus pasien 42 serta kasus pasien 47.

Hanya saja lanjut Alwia Assagaf, untuk tiga kasus pasien 07 (kelurahan Jati) dan pasien 42 serta pasien 47 (bastiong Talangame) belum diperoleh darimana mereka terinfeksi virus corona.

“Walaupun mereka ada yang memiliki riwayat berpergian dan kembali ke Ternate akan tetapi telah melewati masa inkubasinya virus. Sehingga tidak diketahui terinveksinya dari mana, tetapi ini merupakan kasus transmisi local,”kata Alwia Assagaf yang juga Ketua Wilayah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku Utara.

Oleh karena itu terkait tiga kasus tersebut, kata Alwia Assagaf, Gugus Tugas Provinsi Malut menghimbau gugus tugas kota Ternate agar betul-betul melakukan tracking diperluas melakukan rapid tets untuk diperoleh dari mana sumber kasus 07, 42 dan 47.

“Hal ini untuk mengetahui lebih luas tiga kasus tersebut, sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran virus, sehingga dampaknya dapat diatasi dan tidak melebar yang ujungnya korban terjadi di masyarakat Ternate sendiri,”pintahnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed