oleh

Belum Salurkan Bantuan, Hatari Nilai Dinsos Haltim Tidak Peka

TERNATE,MSC-Semakin mewabahnya virus corona, memilik multi dampak tak hanya kesehatan akan tetapi secara tidak langsung berdampak secara menyeluruh dari segi ekonomi khususnya bagi masyarakat menengah kebawah, tak terkecuali masyarakat di kabupaten Halmahera Timur.

Ketua Institut spasial Faifiye (IFAS) Haltim Ismit Abas Hatari, menilai Dinsos Haltim tidak peka dan abaikan tugas, sebab sampai saat ini belum juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dinas Sosial.

“Dinsos tidak peka dan mengabaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan buktinya Dinsos terkesan sangat lamban dalan melakukan penyaluran bansos kepada warga,” kata Ismet Abas Hatari kepada malutsatu.com, Selasa, (5/52020).

Padahal kata Ismit, beberapa pekan kemarin pada rapat evaluasi tim Gugus Covid-19 Haltim, dimana Bupati Haltim Ir.Muhdin sempat menanyakan kepada Dinsos terkait penyaluran akan tetapi pihak dinas sendiri mengaku terkendala data untuk penyaluran.

“Ini perlu dipertanyakan mengapa sampai sekarang Bantuan Sosial itu belum didistribusikan semenjak Gugus Tugas Covid-19 Haltim  dibentuk pada 17 Maret 2020,” tegas Ismit.

Dikatakan, kalau memang terkendala pendataan masyarakat kurang mampu di Halmahera Timur , maka pihaknnya menganggap instansi terkait dalam hal ini Dinas Sosial atau Sub Bidang Pemulihan Satuan Gugus Covid-19 Haltim sengaja untuk memperlambat pendistribusian bantuan sembako tersebut atau tidak serius diberikan tanggungjawab dalam mengahadapi Covid-19 di Haltim.

“Kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal ini program bantuan langsung tunai (BLT) lewat Pemerintah Desa dan alhamdulillah sekarang sebagian sudah distribusikan untuk wilayah Halmahera Timur, terus kenapa bantuan Sosial yang berupa sembako ini sampai sekarang belum juga didistribusikan padahal semua sudah dianggarkan untuk peruntukan masing-masing kebutuhan dalam menghadapi Covid-19,”katanya.

Unutk itu, Ismit berharap Tim Satuan Gugus harus lebih serius lagi menghadapi Covid-19 baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi masyarakat, secepatnya bansos dan BLT disitribusikan kepada masyarakat. (can).

Bagikan

Komentar

News Feed