oleh

Empat Warga Sula Positif Covid-19 Merupakan Penumpang KM Dorolonda

TERNATE,MSC-Empat warga Sanana Kepulauan Sula yang merupakan pedagang pasar Basanohi Sanana terkonfirmasi Positif Covid-19, merupakan penumpang KM Dorolonda yang tiba di pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada tanggal 16 April 2020 lalu.

Mereka merupakan kelompok pedagang di pasar Basanohi Sanana saat itu belanja pakaian di Jakarta untuk persiapan hari raya Idul Fitri nanti yang tiba di Pelabuhan Koat Ambon, sebelum ke kapal melanjutkan ke Ternate.

Sekitar 50 orang pedagang melanjutkan perjalanan ke Sanana. Dan pada saat heboh sejumlah penumpang KM Doroloda termasuk ABK Dorolonda terkonfirmasi Positif Covid-19, Pemda melalui Gustu Sula melakukan Rapid test di pasar Basanohi.

Dari hasil rapid test yang dilakukan di pasar Basnohi tersebut, terdapat 10 orang hasilnya reaktif. Dan selanjutnya, dilakukan Swab Test oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana.

Kemudian pada tanggal 5 Mei lalu, 10 specimen Swab Test dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTLK-PP) Ambon, dan hasilnya 4 orang dinyatakan positif Covid-19 dan 6 orang hasilnya negatif.

Sebelumnya, Direktur LSM Rorano Maluku Utara, Asghar Saleh meminta agar seluruh Pemda di Maluku Utara segera mendata kembali warganya yang merupakan penumpang KM Dorolonda untuk dilakukan rapid test.

Sebab kata Asghar Saleh KM Dorolonda merupakan kluster baru di Maluku Utara. Sebab katanya, sebagian besar pasien positif di Maluku Utara merupakan penumpang KM Dorolonda.

Catatan LSM Rorano, dari 6 kali KM Dorolonda masuk di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate selalu ada penumpang menjadi pasien positif. Tak hanya itu, Asghar Saleh juga meminta seluruh penumpang KM Dorolonda yang diturun di Ternate pada tanggal 16 April lalu harus melakukan rapid test kembali. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed