oleh

Maluku Utara Kini Miliki Laboratorium Swab Test

TERNATE,MSC-Setelah melihat perkembangan bertambahnya pasien Covid-19 termasuk mengatisipasi melonjaknya penderita Covid-19, Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengambil langka antisipasi dengan menghadairkan Laboratorium Swab Test.

Kepastian mulai beroperasinya pemeriksaan laboratorium swab test dengan alat Test Cepat Molekuler (TCM), pada pekan nanti depan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie Ternate.

Alat tersebut sudah lama dimiliki RSCB untuk pemeriksaan Tuberculosa (TBC), hanya dengan mengganti catridge maka alat tersebut dapat digunakan untuk periksa virus corona.

Dan sejak saat ini telah didatangkan sebanyak 90 pices catridge untuk kebutuhan di RSUD CB, dimana 1 Cartridge hanya bisa untuk pemeriksaan terhadap 1 orang pasien saja.

Sejak Kamis hingga Jumat (7-8/5/2020) sedang berlangsung pelatihan untuk penggunaan Tes Cepat Molekulur (TCM), sehingga diperkirakan minggu depan sudah bisa dilakukan pemeriksaan, setelah selesai di prepared dan uji alat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Idhar Sidi Umar mengatakan, alat Swab Test (PCR) rencananya akan digunakan pekan depan, karena semua alat sudah ada, termasuk katrik dan tinggal di instal, kemudian mulai dilakukan swab test.

“Mulai besok hingga lusa mulai dilakukan kesiapan. Kalau sudah siap langsusng action, kalau belum siap maka diupayakan minggu depan sudah bisa dioperasikan,” katanya pada wartawan di Sahid Bela Hotel, Jumat (8/5/2020) malam.

Disinggung berapa banyak dilakukan swab test dalam sehari, dr.Idhar yang juga selaku Koordinator Penanganan Covid-19 Maluku Utara ini mengatakan, semuanya tergantung tenaga medis.

“Yang menanganinya dokter ahli patologi klinik, dr. Fasni dibantu stafnya. Semua tergantung mereka yang mempunyai kemampuan untuk dilakukan swab test dalam sehari berapa pasein yang bisa dilakukan,” katanya.

Dengan mulai beropearsinya Laboratorium Swab Test, untuk selanjutnya hasil spacemen tak akan lagi dikirim ke Manado Sulawesi Utara. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed