oleh

Riwayat 4 Pasien Positif Covid-19 Asal Sanana

SANANA,MSC-Setelah diumumkan oleh Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, terkait status 4 pasien asal kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu (9/5/2020). Tim Gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Sula langsung mengumumkan riwayat keempat warga yang merupakan pedagang pasar Basanohi Sanana.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulaua Sula, dr. M. Makmur Tamimin dalam konferensi pers, Sabtu (9/5/2020) mengatakan, empat warga Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), dinyatakan positif Covid-19 berdasakan hasil spesimen di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Panyakit (BTLK-PP) Ambon, Provinsi Maluku.

Menurut Makmur Tamimin, ke empat warga Kepsul tersebut berasal dari kecamatan sanana masing-masing, S (45) warga Desa Fogi, LAB (42) warga Desa Waihama,  FS (33) warga Desa Fogi Kompleks Waigoiben, dan S (50) Warga Desa Waihama.

Riwayat perjalanan kata Makmur Tamimin, keempat pasien yang terkoinfirmasi Covid-19, dari  Jakarat, Surbaya dan Ambon menggunakan KM.Dorolonda. “Mereka keempat ini awalnya tidak memiliki gejala, karena hanya berstatus orang tanpa gejalan (OTG),” katanya.

Dia juga menjelaskan, pelaku perjalanan yang masuk di Kepsul mulai dari 6 April hingga 9 Mei 2020 sebanyak 4.677 orang. Kemudian 3.328 orang sudah selesai dalam pemantauan sedangkan 1.349 orang masih dalam pemantauan.

“Jumlah OTG di Kepulauan Sula sebanyak 14 orang yang tersebar di tiga Kecamatan yakni, Kecamatan Sanana 12 orang, Kecamatan Mangoli Utara Timur 1 orang dan Kecamatan Mangoli Timur 1 orang,” katanya.

Untuk jumlah OTG sebanyak 14 orang, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 40 orang, dimana 20 orang sudah selesai pemantauan dan 20 orang masih dalam pemantauan.

Sementara, Pasien Dalam Peamantauan (PDP) sebanyak 3 orang, yang tersebar di tiga kecamatan, di antaranya, Kecamatan Sanana 1 orang, Kecamatan Sanana Utara 1 orang dan Kecamatan Mangoli Utara 1 orang. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed