oleh

Walikota Kontak Agen Penyalur Pertanyakan Dua TKI Asal Ternate

TERNATE,MSC-Kabar dua warga kelurahan Rua yang bekerja di kapal ikan China, mendapat perhatian Walikota Ternate DR Burhan Abdurahman. Orang nomor satu di kota Ternate itu langsung menghubungi Direktur PT. Novarica Agatha sebagai agen yang melaurkan dua TKI asal Ternate.

Melalui telepon, Walikota yang didampingi orang tua kedua TKI itu langsung berbicara dengan direktur PT.Novarica Agatha dan meminta informasi keberadaan dan Kondisi TKI kakak beradik asal Ternate yakni Muhammad Chasar Andika (22) tahun dan Rio Muhammad Riogam (19).

Direktur PT. Novarica Agatha, Ella kepada walikota mengatakan, bahwa TKI Asal Ternate dalam keadaan sehat untuk dimana Chasar Andika di kapal Fu Yuan Yu 601 sudah ada komunikasi dan sementra berada di perairan Argentina.

“Untuk Riogam berada di kapal Fu Yuan Yu 602, semenatra berada di Perairan Rusia, keduanya dalam keadaan baik dan sehat,”kata Ella kepada walikota Burhan Abduraham, pada Kamis (14/5/2020) di kediaman Walikota.

Ella mengatakan, untuk Chasar pihak perusahaan sudah menghubungi agency di China dan sudah ada komunikasi dengan pihak agency dalam keadaan baik dan sehat, sedangkan adiknya Riogam belum bisa dihubungi karena masih berada di perairan Rusia namun pihak agency berjanji tetap menghubungi kapal untuk memastikan keadaan salah satu TKI asal Ternate.

Dia mengatakan, tetap konsisten terhadap perlindungan TKI asal Indonesia dengan tetap berkomunikasi dengan pihak agency luar negeri dan selalu memantau perkembangan Tenaga kerja Indonesia.

Unutk itu Ella mengaku, terkait dengan Komunikasi antar pihak keluarga TKI asal Ternate hanya terjadi Miss Komunikasi sehingga ke depan akan diperbaiki bersama supaya tidak saling menyalahkan sehingga bisa merugikan nama baik pihak perusahaan pelayaran.

Pihak PT. Novarica Agatha juga berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Pemerintah Kota Ternate terkait dengan kondisi dan keberadaan TKI asal Ternate. Pada saat itu juga pihak perusahaan telah mengirim bukti Kontrak kerja, Daftar Gaji dan Keberadaan kapal kedua TKI kepada Walikota Ternate dan bukti rekaman suara dengan salah TKI Chasar Andika pada selasa 12 Mei 2020.

Sementara itu Walikota Ternate DR Burhan Abdurahman meminta kepada pihak penyalur jasa tenaga kerja khususnya pelayaran agar tetap membuka komunikasi dengan pihak keluarga terkait dengan kondisi serta keberadaan ABK kapal asal Ternate.

“Pemerintah kota Ternate berterima kasih atas pelayanan yang baik dari Perusahaan pelayaran terhadap TKI asal Ternate, semoga semua TKI asal Indonesia yang menjadi pelaut umumnya dan khususnya Kota Ternate selalu dilindungi Allah SWT dan diberi kelancaran hingga bisa kembali dalam keadaan selamat dan sehat,”tegas Burhan Abdurahman kepada Direktur PT.Novarica Agatha. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed