oleh

45 Orang di Halmahera Utara Kontak Pasien Positif

TOBELO,MSC-Sebanyak 45 orang di kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang telah melakukan kontak langsung dengan sejumlah pasien positif Covid-19. Hal tersebut berdasarkan hasil tracking tim kesehatan Gugus Tugas setempat.

 “Sedikitnya 45 orang yang berhubungan langsung dengan para pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19,”ungkap Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halmahera Utara, Deky Tawaris kepada wartawan, Kamis (14/5/2020).

Jumlah pasien positif di kabupaten Halut berdasarkan hasil pemeriksaan Swab BBLK Makasar dan BTKL-PP Manado penambahan 3 orang pasien Covid-19 asal Halut, sehingga menjadi 6 orang.

Menurut Deky Tawaris, dari 45 orang tersebut diantaranya dari Kecamatan Malifut berjumlah 11 orang, dimana  4 orang mempunyai kontak erat dengan Mr. RHJ, dan 7 orang mempunyai kontak langsung dengan Mr. YN, kemudian dari Kecamatan Kao berjumlah 20, Kecamatan Kao Utara berjumlah 3 orang, Kecamatan Tobelo berjumlah 1 orang mempunyai kontak dan 1 orang lagi dari Kecamatan Tobelo Tengah. Sementara dari Kecamatan Tobelo Selatan berjumlah 9 orang mempunyai kontak langsung dengan Mrs. AR.

Deky menambahkan, 45 orang tersebut memiliki status Orang Tanpa Gejala (OTG) karena sudah melakukan kontak dengan pasien Covid-19, dan telah diisolasi di lokasi karantina terpusat yang telah disiapkan Pemda Halut.

“Kami sudah melakukan rapid test kepada 45 orang tersebut, dan didapati hasil 5 orang reaktif, sehingga besok Jumat akan dilakukan pengambilan swab untuk dikirim ke RS CB Ternate,”ungkap Deky Tawaris.

Seiring dengan bertambahnya kasus di Halut, Deky Tawaris berharap masyarakat tetap mematuhi dan selalu patuh anjuran pemerintah seperti menjaga jarak dan menggukan masker saat keluar rumah.

Diketahui 3 orang yang terpapar Covid-19 masing-masing berasal dari kecamatan Malifut sebanyak 2 orang berinisial YN (63) dan RHJ (63). Sementara 1 orang lainnya berinisial AR (23) yang memiliki kontak erat dengan pasien 01 yang beberapa waktu lalu dirujuk ke RSU CB Ternate. (AL)

Bagikan

Komentar

News Feed