oleh

RSUD Chasan Bosoirie Kehabisan Cartridge Mesin TCM

TERNATE,MSC-Stok Cartridge yang digunakan pada mesin tes cepat molekuler  (TCM), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie, Ternate saat ini habis. Padahal penggunaan mesin TCM untuk mempercepat proses deteksi seseorang yang positif atau negatif Covid-19.  

Cartridge yang  digunakan pada mesin tes cepat molekuler (TCM) untuk memeriksa spesimen pasien Covid-19 milik RSUD CB dari stok 90 cartridge yang digunakan sejak pengoperasian mesin TCM,  mulai 13 Mei hingga, Sabtu (23/5/2020) sudah habis.

“Cartridge sudah habis dan terakhir sudah dipakai tadi,” kata kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf pada wartawan via WhatsAap di grup media Covid-19, Sabtu (23/5/2020).

Alwia Assagaf mengatakan, stok yang tersedia hanya 90 cartridge dan saat ini sudah dipesan sebanyak 120, namun hingga kini belum tiba. Alwia sangat berharap catridge bisa cepat tiba, sehingga bisa digunakan oleh tim dokter yang menangani pemeriksaan swab test dengan alat TCM.

Sementara itu, Koordinator Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Malut, dr. Idhar Sidi Umar dalam Rakor Gustu Covid-19 Malut beberapa waktu lalu mengatakan, sudah memesan cartridge sebanyak 120, karena stok yang tersedia sudah mulai habis. “Sudah dipesan 120 cartridge, berharap dalam pekan ini sudah tiba,” katanya.

Untuk diketahui, sejak penggunaan alat konversi berupa cartridge, yang  digunakan pada mesin tes cepat molekuler (TCM) untuk memeriksa spesimen pasien Covid-19, mulai 13 Mei hingga Sabtu (23/5/2020), sesuai data Gugus Tugas Covid-19 dalam rilies konferensi pers yang diterima menyebutkan, sudah 65 cartridge yang digunakan, dengan rincian sebanyak 23 spesimen positif dan 42 negatif. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed