oleh

OTG Jadi 958, Tambahan 107 Orang di Tikep Kontak Pasien Positif

TERNATE,MSC-Jumlah Orang Tanap Gejala (OTG) di Provinsi Maluku Utara pada Selasa (25/5/2020) mengalami kenaikan yang sangat siknifikan yakni 958 orang. Kenaikan itu terjadi dikarena hasil tracking terhadap pasien positif di Tidore Kepulauan sebanyak 107 orang.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, pasaca meninggalnya ASS sekot Tikep, Gustu setempat langsung melakukan tracking terhadap sejumlah orang yang diduga telah melakukan kontak.

“Jumlah orang tanpa gejala (OTG) pada hari ini ada penambahan secara signifikan sebanyak 107 orang, kenaikan di Tidore Kepulauan dikarenakan tracking terhadap pasien positif, namun ada juga penurunan di Haltim,”ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf.

Untuk itu, Alwia Assagaf yang juga ketua Wilayah IDI Malut meminta tim kesehatan di Tikep agar intens melakukan tracking dengan adanya perkembangan kasus terakhir. “Kalau dilihat dari beberapa kasus belakangan ini, teman-teman di Tikep akan lebih intens,”katanya.

Alwia juga menyampaikan, perkembangan situasi penanggulangan covid-19 berdasarkan hasil pengolahan data di pusat data dan informasi gugus tugas covid-19 Maluku Utara, yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota, dan KKP kelas III Ternate.

Dimana jumlah  orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 76 orang, untuk kasus ada pengurangan pemantauan sebanyak 1 secara total, pengurangan terdapat di Halsel. Hal ini dikarenakan telah selesai masa pemantauan 14 hari.

“Jumlah  pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 18 orang, dimana untuk kasus pasien dalam pengawasan ada penambahan sebanyak 6 orang. Dan kenaikan di Halbar, Ternate dan Tikep,”sebutnya.

Untuk pemeriksaan rapid test sampai dengan saat ini telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 4.968 orang, dan didapatkan hasil 238 orang reaktif yaitu 95 otg, 45 odp, 7 pdp dan 91 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. sedangkan 4.730 orang dengan hasil rapid test non reaktif.

Dan pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 7 orang diantaranya, 4 kasus positif covid-19, 1 odp serta 2 pdp. Dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 67 orang dengan rincian 56 pasien terkonfirmasi positif, 2 otg, 1 pdp dan 8 orang pelaku perjalanan. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed