oleh

Aktifkan Panwas Ad Hoc, Bawaslu Malut Masih Menunggu Perubahan PKPU

TERNATE,MSC-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara akan segera mengaktifkan kembali penyelenggaran ad hoc yakni panitia pengawas (panwas) kecamatan pada pilkada Desember mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin SH MH dihubungi, Kamis (28/5/2020) menjelaskan, keputusan waktu untuk mengaktifkan kembali panwascam masih menunggu revisi Peraturan KPU (PKPU) terkait dengan tahapan Pilkada 2020.

“Panwascam dan PPL masih menungu surat perintah dari Bawaslu RI, kemungkinan setelah PKPU Perubahan tentang Tahapan dan Jadwal dikeluarkan,”kata Muksin Amrin kepada malutsatu.com

Dikatakan, berdasarkan informasi saat ini untuk Perppu Nomor 2 Tahun 2020, yang sudah diteken Presiden Joko Widodo pada Selasa (5/5) kemarin, sehingga Bawaslu sendiri masih menunggu perintah Bawaslu RI dan kemungkinan setelah revisi Peraturan KPU (PKPU).

Berdasarkan regulasi, enam bulan sebelum jadwal pemungutan suara, tahapan pilkada lainnya harus mulai dilaksanakan.

Seperti diketahui dampak penyebaran virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia termasuk Maluku Utara, berimplikasi terhadap penundaan beberapa tahapan Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Akibatnya, Bawaslu Maluku Utara mengambil langkah menonaktifkan 2.042 pengawas pemilu Ad Hoc yang bertugas untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), mulai dari tingkatan Kecamatan hingga Kelurahan dan desa di 8 Kabupaten dan Kota se-Malut yang melaksanakan Pilkada.

Adapun rincian yang akan dinonaktifkan adalah 303 orang Komisioner Panwascam, Koordinator Sekretariat (Koorsek) beserta staf sebanyak 1.010 serta 1.032 orang  Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD). (red)

Bagikan

Komentar

News Feed