oleh

700 Pcs Cartridge Bantuan Kemenkes Tiba di Ternate

TERNATE,MSC- Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie sebagai rumah sakit rujukan provinsi sejak Jumat (6/6/2020) tidak lagi melakukan uji Swab Test terhadap pasien Covid-19. Disebabkan tak ada hasil pemeriksaan Laboratorium tes cepat molekuler (TCM) untuk memeriksa spesimen pasien Covid-19, dikarenakan catridge pada mesin TCM telah habis.

Akan tetapi saat ini cartridge yang dikirim dari Kemenkes telah tiba di Maluku Utara. “Alhamdulillah tadi telah tiba cartridge sebanyak 700 pcs,”kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf pada Senin (8/6/2020) sore.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak RSUD melalui Gugus Tugas Provinsi telah melayangkan permintaan ke kementerian kesehatan (Kemenkes) sebanyak 1.000 catrigde, hanya saja belum juga tiba di Ternate. Hal itu juga terlihat selama dua hari tidak ada lagi hasil pemeriksaan dari RSUD CB.  

Dikatakan dr. Alwia Assagaf, pihak RSUD Chasan Boesoirie belum bisa melakukan pemeriksaan swab test menggunakan alat TCM, dikarenakan cartridge yang digunakan untuk alat TCM habis.

“Tidak ada penambahan kasus baru di Kota Ternate dan daerah lainnya, karena cartridge yang digunakan untuk alat TCM habis, sehingga belum dilakukan pemeriksaan terhadap warga Kota Ternate dan daerah lainnya di Maluku Utara,” katanya.

Sehingga untuk beberapa kasus baru yang diumumkan merupakan hasil pemeriksaan di Prodia serta BTKL Manado, seperti penambahan 7 kasus baru dari Kepulauan Sula yang telah menerima hasil pemeriksaan melalui PCR dari Laboratorium BTKL-PP Manado serta 1 pasien asal Tikep yang melalui pemeriksaan PCR di Prodia. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed