oleh

36 Karyawan PT NHM Positif Covid Jalani Karantina di Rusunawa Kali Pitu

TERNATE,MSC-Sebanyak 36 karyawan PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) saat ini telah masuk dalam tempat karantina milik Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yakni Rumah Susun (Rusunawa) Kali Pitu Tobelo.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halut, Deky Tawaris ketika dihubungi menjelaskan, jumlah karyawan PT NHM yang saat ini masuk di lokasi karatina Kali Pitu sebanyak 36 orang.

Diakuinya, saat ini yang ditangani Gustu Kabupaten Halut sebanyak 36 orang yang masuk karantina di Kali Pitu, dan pihak Gustu masih melakukan pendataan asal usul termasuk riwayat perjalanan mereka sehingga diketahui asal muasal terjangkitnya.

“Memang yang diumumkan oleh Gustu Nasional sebanyak 25 orang, akan tetapi jumlahnya 36 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Nanti kami akan menyampaikan rillis jumlah sebenarnya,”kata Deky Tawaris yang dihubungi melalui WhasAPP, Rabu (10/6/2020).  

Deky mengakui, karena 36 orang tersebut positif tetapi tidak bergejala sehingga dilakukan karatina di Rusunawa, berbeda dengan orang positif bergejala yang harus melakukan karatina di Rumah Sakit.

“Mereka itu kan positif tetapi tidak bergejala sehingga kami lakukan karatina di Rusunawa Kali Pitu, dan itu berdasarkan protap yang berlaku dan kalau bergejalan akan karatinanya di rumah sakit,”katanya.

Dari jumlah tersebut, saat ini kata Deky Tawaris, terdapat tiga orang perempuan. “Kalau kami lihat yang masuk di karantina hanya 3 orang perempuan sisanya laki-laki,”kata Deky yang juga Kadis Infokom Halut.

Deky mengakui belum dapat dikatakan kasus PT NHM sebagai kluster baru di Halut maupun Maluku Utara, karena membutukan data tambahan asal usul serta riwayat perjalanan mereka untuk dilakukan penelitian epidemologi. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed