oleh

Pertemuan Gugus Provinsi dan Kabupaten Kota Lewat Virtual

TERNATE,MSC-Untuk mengetahui permasalahan terkait penanaganan Covid-19 di kabupaten kota, Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara membangun koordinasi dan komunikasi dengan gugus tugas masing-masing daerah.

Dimana setiap bidang sudah diagendakan melakukan pertemuan secara virtual guna memantau perkembangan kasus Covid-19 serta mendengar masukan dari kabupaten/kota.

“Langkah ini lebih efektif untuk mengetahui apa yang dibutuhkan kabupaten kota dan apa yang menjadi perhatian provinsi,”ujar Koordinator Bidang Kehumasan Mulyadi Tutupoho kepada sejumlah media Senin (15/6/2020).

Meskipun kata dia, sesuai perintah pemerintah pusat masing-masing daerah telah melakukan realokasi dan refocusing anggaran penanganan Covid-19, namun kewajiban Pemprov juga untuk mendukung kebutuhan lain yang diminta oleh daerah tersebut.

Bantuan berupa alat rapid test dan Alat Pelindung Diri (APD) selalu dikirim ke kabupaten/kota, baik yang sumbernya dari APBD maupun bantuan dari gugus tugas nasional.

Sebagai daerah yang saat ini memiliki kasus terbanyak, Kota Ternate bantuan yang bersumber dari APBD, APBN, dan bantuan pihak ketiga berupa APD lengkap sebanyak 159, Coverall 700, Masker 19.350, Masker N95 240, RDT Covid-19 890, Stik Swab 2.770. Hanscoen 5.500, Cloroquin 150 11.000, Oseltramivir 75 5.500, VTM Set 1.228, dan Termogun 4.

Kemudian, dapur umum yang dikelola oleh Bidang Pemulihan sudah terealisasi anggaran sebesar 1.05 miliar untuk warga di kota Ternate. Tak hanya itu, Gustu Provinsi juga memberikan paket sembako yang diberikan kota Ternate sebanyak 380 paket plus 4 paket, nilainya sebesar 209 juta.”Bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 itu bersumber dari anggaran realokasi dan dana refocusing,”ujar Mulyadi

Selain itu, anggaran realokasi sebesar 163 miliar lebih itu juga digunakan untuk menangani pasien Covid-19, baik di RSUD Chasan Bosoeirie Ternate dan Hotel Sahid Bela Ternate. Dari keseluruhan pasien yang dilayani oleh provinsi, yang terbanyak berasal dari Ternate yakni 84 orang.

Mulyadi berharap, dalam upaya penanganan penyebaran Corona Virus sinergitas Gustu provinsi dan kabupaten/kota terus terjalin dengan baik dalam menangani pandemi Covid-19.(red)

Bagikan

Komentar

News Feed