oleh

Gugus Siapkan Pola Pasien Covid-19 Jalani Karantina Mandiri di Rumah

TERNATE,MSC-Seiring dengan semkin bertmbahnya jumlah pasien psoitif di Maluku Utara dan kendala kapasitas tempat karatina, Gugus Tugas menyiapkan pola karatina mandiri di rumah.

Kartina Mandiri tak hanya bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19, akan tetapi bagi orang tanpa gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (OPD) termasuk reaktif hasil rapid test.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir kepada wartawan menjelaskan, saat ini sedang disiapkan pola isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid.

Dikatakan, salah satu langkah tersebut dilakukan terhadap Gugus Kota Ternate yang akan menerapkan isolasi mandiri termasu juga menyiapkan tempat karatina baru karena rata-rata tempat karatina saat ini over kapasitas atau full.

“Ya jadi kita saling bahu membahu dengan Gugus kota Ternate untuk menyiapkan lokasi karatina atau pola karantina mandiri di rumah,”kata Samsuddin Abdul Kadir kepada wartawan di posko Sahid Hotel, Selasa (16/6/2020).

Menurut Samsuddin untuk lokasi mandiri di rumah saat ini, masih membutuhkan kesiapan masyarakat. Kesiapan masyarakat yang dimaksud kata Samsuddin soal pemahaman karatina mandiri dengan tetap menerapkan protocol kesehatan, termasuk soal masyarakat di sekitar apakah menerima hal ini.

“Jadi apakah masyarakat siap kalau lakukan isolasi mandiri di rumah, bagaimana protap kesehatannya. Selain itu tidak mungkin di rumah hanya memiliki dua kamar tetapi jumah keluarganya banyak,”sebutnya.

Untuk lokasi kartina yang saat ini, pihak Gugus Kota Ternate telah melakukan koordinasi untuk mencari beberapa lokasi tempat. “Jadi kita Provinsi akan melakukan shering dengan kota, kalau Provinsi siapkan tempat karatina nanti Kota Ternate yang kelolah,”katanya.

Saat ini dua alternatif itu yang disiapkan yakni, karatina mandiri di rumah sambil menunggu kesiapan masyarakat dan menyiapkan lokasi karatina baru seperti ada beberapa tempat yang sementara dilakukan oleh Kota Ternate yakni, wisma haji, BLK dan SKB. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed