oleh

7 Orang Terkonfirmasi Positif, Total 322 Kasus di Maluku Utara

TERNATE,MSC-Perkembangan penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku Utara, pada Rabu (17/6/2020) bertambah 7 orang terkonfirmasi positif. Total kasus positif di Provinsi Maluku Utara hingga saat ini mencapai 322 kasus.

Angka penambahan kasus positif tidak diikuti dengan tingkat kesembuhan, meskipun begiu hingga saat ini kasus sembuh di Maluku Utara telah mencapai 48 orang serta 22 orang meninggal dunia karena Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Alwia Assagaf menjelaskan, tambahan 7 pasien postif dengan sebaran 4 orang asal Kota Ternate dan 3 orang asal Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Menurut dr Alwia Assagaf, hasil terkonfirmasi positif berdasarkan pemeriksaan melalui polymerase chain reaction  (PCR) di Prodia Ternate, dimana sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan 13 orang untuk diagnosis, dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 7 orang.   

“Pada hari ini telah kami terima hasil pemeriksaan melalui PCR di Prodia Ternate diperiksa 13 orang untuk diagnosis, dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 7 orang, dengan sebaran 4 orang dari Kota Ternate dan 3 orang dari Kota Tidore Kepulauan (Tikep),”kata dr Alwia Assagaf dalma rillis kepada wartawan.

Dengan demikian lanjut Alwia Assagaf, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara menjadi 322 orang. “Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 316 sampai dengan kasus 322,”sebut dr Alwia Assagaf.

Untuk pasien yang sementara menjalani perawatan dan karantina, dr Alwia Assagaf menjelaskan, pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD dr. Chasan Boesoirie sebanyak 40 orang diantaranya 24 kasus positif covid-19, 5 odp dan 11 pdp.

Sedangkan yang sedang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 83 orang dengan rincian 73 pasien terkonfirmasi positif, 1 otg, 8 pdp dan 1 orang pelaku perjalanan.

Selain itu berdasarkan pengeolaan data di Pusdatin Gustu Malut yang diperoleh berdasarkan laporan Dinas Kesehatan kabupaten/Kota serta KKP Kelas III Ternate diperoleh, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 972 orang, dimana ada penambahan sebanyak 25 orang secara total.

Penambahan terdapat di Kabupaten Halmahera Barat,  Halmahera Utara, Pulau Morotai dan Tidore Kepulauan dikarenakan adanya tracking pada pasien positif. Selain penambahan ada juga pengurangan yang terdapat di Kabupaten Halmahera Timur dan Kota Ternate.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 84 orang, ada pengurangan pemantauan sebanyak 4 orang, pengurangan terdapat di Halmahera Selatan dan Kota Tidore Kepulauan. Untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 42 orang, dimana ada penambahan pengawasan sebanyak 1 orang terdapat di Kota Tidore Kepulauan.

Untuk pemeriksaan rapid test telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 7.212 orang, dan didapatkan hasil 676 orang reaktif yaitu 404 otg, 78 odp, 52 pdp dan 142 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 6.536 orang dengan hasil rapid test non reaktif. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed