oleh

Achmad Hatari : Rekomendasi ke Tauhid Sudah Final, Tapi …

TERNATE,MSC-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem Maluku Utara, Achmad Hatary menyatakan, rekomendasi DPP Partai Nasdem kepada Tauhid Soleman sebagai calon walikota Ternate dan Mursia Abdul Haris sebagai calon wakil walikota Ternate sudah final.

“Tauhid punya rekomendasi 17 Maret 2020, sah tidak boleh diganggu gugat lagi,”ungkap Achmad Hatari kepada wartawan pada Senin (22/6/2020) di Royal Resto Ternate usai acara Rakor DPW Partai Nasdem Maluku Utara.

Akan tetapi lanjut Achmad Hatary di dalam rekomendasi tersebut salah satu klausul yang memberikan deadline kepada yang bersangkutan harus komunikasi politik dengan berbagai partai untuk menambah kuota karena Nasdem hanya memiliki 3 kursi, sementara syarat pencalonan harus memiliki 6 kursi.

Untuk memperoleh 3 kursi tambahan lanjut Hatari diberikan deadline selama 4 bulan yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2020 nanti untuk menambah 3 kursi. Jika hingga batas deadline tidak mampu memenuhinya maka partai punya pertimbangan lain.

 “Jadi kemarin saya biking statemen itu belum final, karena kita masih menunggu sampai 17 Juli nanti untuk penambahan 3 kursi sebagaimana dalam klausul rekomendasi yang telah diberikan DPP,”kata Hatari.

Hatari juga menjelaskan, klausul dalam rekomendasi seperti itu tak hanya di Kota Ternate tetapi termasuk beberapa daerah di Maluku Utara, termasuk Halmahara Utara yang awalnya tidak membuka penjaringan dan sudah diberikan kepada calon petahan Frans-Muhlis.

Wakil Ketua Komisi XI itu lalu mencontohkan, pada Pilkada Morotai lalu partai Nadem telah memebrikan rekomendasi kepada orang lain. Akan tetapi dalam 4 bulan tidak ada tambahan kursi lagi sebagai syarat pencalonan, rekomendasi itu kemudian diberikan kepada Benny Laos.

“Ketentuan itu berlaku di semua daerah tidak terkecuali, masa peridoe lalu saja di Pilkada Morotai Nasdem sudah berikan rekomendasi ke orang lain, tetapi kemudian diberikan kepada Benny Laos,”katanya.

Menanggapi peluang rekomendasi DPP Nasdem berpeluangan kepada kandidat lain meskipun tidak mendaftar sebelumnya, Ketua DPP Teritorial Maluku-Maluku Utara Rosita Usman mengatakan, untuk kepentingan partai bisa saja, akan tetapi mengingat partai juga punya mekanisme.

Menurutnya, dalam pendaftaran dan penjaringan yang telah dilakukan kemarin, bukan hanya satau orang yang mendaftar begitu juga yang direkomendasi oleh DPD maupun DPW ke DPP.

“Sebenarnya bisa saja karena kebutuhan partai, tetapi mengingat partai juga punya mekanisme. Selain itu ada sejumlah nama pada saat pendaftaran yang ikut juga mendaftar sebagai calon,’kata Rosita Usman. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed