oleh

Kalak BPBD Serahkan 1 Unit Mesin PCR ke Gugus Tugas Maluku Utara

TERNATE,MSC-Untuk mempercepat deteksi virus Corona baru yang memicu penyakit Covid-19, provinsi Maluku Utara mendapatkan bantuan 1 set alat tes swab atau reaksi rantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan 1 unit PCR tiba di Ternate pada sekitar pukul 15.30 dengan menggunakan maskapai Batik Air yang dicarter dari Jakarta via Makssar, diserahkan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Maluku Utara, Yunus Badar kepada Sekretaris Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, pada Rabu (24/6/2020) bertempat di Media Center Posko Sahid Hotel.

Bantuan alat PCR yang telah diterima tersebut selanjut Gugus Tugas menyerahkan diserhakan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Busorie Ternate yang menjadi Rumah Sakit Rujukan Penangan COVID-19 di Maluku Utara untuk dipergunakan sesuai kebutuhan penanganan.

“Bantuan yang sudah kita terima ini semoga bisa berfungsi dan mengurangi antian spesimen Swab Test yang sudah diperikasa oleh tim medis sehingga para pasien yang menunggu hasil bisa lebih cepat didapatkan hasilnya,” ungkap Sekretaris Gugus Tugas, Samsuddin Abdul Kadir.

Samsuddin mengakui, proses untuk menghadirkan mesin PCR sudah sejak lama karena hasil evaluasi tim Gustu Malut, kendala saat ini karena hasil swab test lama diterima dan mengakibatkan lambat dalam melakukan tracking.

Samsuddin menyampikan, bantuan alat PCR yang diterima Gugus Tugs Tugas Malut itu terdiri dari, Mesin PCR, Leptop, Printer, Stavol, 2000 pices PCR, 2000 pices RNA, 2000 VTM, 2000 Cotton Sweb, dan 2000 pecis Tube. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed