oleh

Dirut RSUD Chasan Bosoirie : Tidak Semua Swab Tes Covid-19 Hasilnya Positif

TERNATE,MSC-Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoeirie Ternate, dr Syamsul Bahri menegaskan, pemeriksaan melalui laboratorium spacemen swab test Covid-19 tidak semua hasilnya positif.

“Jadi spacemen swab test yang dikirim untuk pemeriksaan laboratorium hasilnya ada juga yang negatif, tidak semua hasilnya selalu positif,”kata dr Syamsul Bahri dalam konferensi pers di Media Center Covid-19 Posko Sahid Hotel, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Syamsul Bahri, dalam setiap hari diumumkan melalui juru bicara Gugus Tugas ada sejumlah spacemen yang diperiksa dengan hasilnya, dimana dari sekian spacemen yang diperiksa untuk diagnosa hasilnya tidak semua positif.

Sementara itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara melaporkan telah menerima hasil laboratorium pemeriksaan swab test melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 64 orang untuk diagnosa, dengan hasil 37 orang terkonfirmasi positif dan sisanya 27 orang negatif.

Juru Bicara Gugus Tugas Malut, dr Alwia Assagaf menjelaskan, adanya penambahan kasus baru sebanyak 37 orang dari hasil pemeriksaan melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD dr. Chasan Boesoirie sebanyak 23 spesimen (21 orang) untuk diagnosis 8 orang, follow up 13 orang.

Selain itu juga melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) BTKL-PP Manado diperiksa 9 spesimen (9 orang) untuk diagnosis 5 orang untuk follow up 4 orang, dan dari PCR BBLK Makassar diperiksa 107 spesimen (56 orang) untuk diagnosis 49 orang dan untuk follow up 7 orang serta melalui PCR Prodia Ternate di periksa 2 spesimen (2 orang) untuk diagnosis.

Dari pemeriksaan tersebut, kata dr Alwia Assagaf, terkonfirmasi positif melalui TCM RSUD dr. Chasan Bosorie 8 orang, PCR BBLK Makassar 26 orang, PCR BTKL Manado 1 orang, dan PCR Prodia Ternate 2 orang, maka total positif hari ini sebanyak 37 orang.

“Sebaran 24 orang dari Ternate, 8 orang dari Pulau Morotai, 3 orang dari Tidore Kepualuan dan 2 orang dari Halmahera Timur,”kata dr Alwia Assagaf. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed