oleh

Ketua Bawaslu Minta KPU Malut Segera Kirimkan DP4

TERNATE,MSC-Ketua Bawaslu Maluku Utara Muksin Amrin meminta KPU untuk segera memberikan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) Pilkada Serentak Tahun 2020, sebab DP4 dibutuhkan Bawaslu untuk melakukan pemutakhiran data pemilih (Mutarlih).

Namun, kata Muksin Amrin, hingga sekarang Bawaslu tiga daerah belum mendapatkan DP4 untuk dilakukan analisis terhadap proses Mutarlih. “Ditemukan beberapa kabupaten/kota yakni Halmahera Utara, Ternate dan Kepulauan Sula belum menyerahkan ke Bawaslu,”kata Muksin Amrin kepada wartawan, Senin (30/6/2020).

Unutk itu Muksin Amrin meminta KPU Maluku Utara memerintahkan KPU di Tiga daerah tersebut agar segera menyerahkan data DP4 hasil sinkronisasi kepada Bawaslu Kab/Kota, hal ini berdasrakan rapat koordinasi persiapan pengawasan pemutakhiran daftar Pemilih yang akan dijadwalakn tanggal 15 Juli nanti.

“Hal ini tentu menyulitkan Bawaslu untuk menganalisa data pemilih dari beberapa fariabel yakni data ganda, meninggal dunia dan pindah status TNI/Polri,”kata Ketua Muksin Amrin.

Muksin Amrin meminta KPU tidak kaku untuk menerapkan aturan, prinsip pengawasan itu adalah memastikan faliditas data pemilih maka dengan cara dianalisis lebih dulu sebelum masuk pengawasan puntarlih.    

Untuk kepetingan penyandingan data kata Muksin Amrin, data pemilu harus lebih awal didaptkan oleh Bawaslu Kab/kota sebagai bahan pengawasan. “Coba dibayangkan kalau nanti tanggal 15 juli baru diserahkan bagimana mungkin Bawaslu bisa bekerja maksimal,”katanya.

Jika sikap KPU demikian lanjut Muksin Amrin, hal ini tentu berdampak terhadap DPT yang tidak falid dan potensi dipersoalkan oleh peserta. “Kami menegaskan data pemilih harus dipublis diberikan kepada para pihak untuk sama-sama menjaga tingkat faliditas data pemilih nanti,”sebutnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed