oleh

225 Kasus Positif di Halut, Kontribusi PT NHM Sebanyak 194 Kasus

TERNATE,MSC-Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara kembali mengabarkan Update kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Halmahear Utara (Halut) hingga saat ini terdapat 225 kasus. Dari 225 kasus tersebut, terbanyak dari PT Nusa Halmahera Minelar (NHM) sebanyak 194 orang.

Dari jumlah 225 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dimana 6 orang telah dinyatakan sembuh, 4 orang meninggal dunia. Sehingga saat ini yang masih menjalani perawatan untuk penyembuhan sebanyak 215 orang. Dan saat ini di Halut terdapat 536 orang tanpa gejala (OTG), 12 orang dalam pengawasan (ODP) serta 15 orang Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Kontribus kasus positif terbesar dari PT NHM yang kini masuk sebagai kluster Gosowong dengan jumlah kasus sebanyak 194 kasus termasuk salah satu 1 orang karyawan NHM yang meninggal dunia.

Untuk terbaru 72 karyawan PT NHM juga sudah dievakuasi ke Ternate. Dimana karyawan pertambangan yang dievakuasi dari Gosowong kecamatan Malifut dilakukan dengan menggunakan protocol kesehatan dimana sejumlah petugas menggunakan pakaian Hazmat.

Saat ini mereka diisolasi di tiga tempat yakni, Hotel Safirna Transito lingkungan Dakomib Kelurahan Kota Baru Ternate Tengah, Penginapan Aranis dan Wisma D’Boss kelurahan Mangga Dua Ternate Selatan.

Sebelumnya sebanyak berdasarkan hasil pemeriksaan uji Lab di Rumah Sakit Siloam Manado terdapat 192 orang karyawan NHM telah terkonfirmas positif Covid-19 dan kini sedang menjalani karatina di Tobelo Halmahera Utara dan Hotel Batik Kota Ternate.

Dan tambahan 2 orang positif pada Sabtu (4/7/2020) berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium PCR Rumah Sakit Siloam Manado. Sehingga total jumlah karyawan NHM yang sudah terkonfirmasi positif sebanyak 194 orang.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Alwia Assagaf dalam rillis tertanggal 4 Juli 2020 menyebutkan, telah menerima hasil pemeriksaan melalui  laboratorium klinik PCR Prodia Ternate sebanyak 5 spesimen (5 orang) untuk diagnosis, dan 12 spesimen (7 orang) untuk follow up, dan laboratorium PCR Siloam Hospitals Manado 20 spesimen (20 orang) untuk diagnostik dan 40 spesimen (40 orang) untuk follow up.

Sementara hasil pemeriksaaan tersebut kata dr Alwia Assagaf, terkonfirmasi positif melalui laboratorium klinik pcr prodia ternate sebanyak 1 orang, dan laboratorium pcr siloam hospital manado sebanyak 2 orang.

“Maka total kasus konfirmasi positif covid-19 hari ini sebanyak 3 orang, dengan sebaran di kabupaten Halmahera Utara 2 orang dan Kota Ternate 1 orang. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 953 orang,”kata dr Alwia Assagaf. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed