oleh

Banjir Rendam Desa Waitina, 102 Kepala Keluarga Mengungsi

SANANA,MSC-Sekitar 10 jam hujan deras menguyur pulau Mangoli kabupaten Kepulauan Sula, mengakibatkan banjir merendam ratusan rumah warga di Desa Waitina kecamtan Mangoi Timur.

Sebelumnya sejak Kamis, dan puncaknya sekitar pukul 22.00 Jumat malam (3/7/2020) hingga 06.50 Sabtu pagi (4/7/2020). Akibat derasnya hujan mengakibatkan juga sungai Waisenga di desa Waitina ikut meluap.

Sekitar 98 rumah terendam banjir dan 102 Kepala Keluarga (KK) mengungsi di rumah keluarga yang tidak terdampak banjir. Kendati luapan air yang masuk di kediaman warga setinggi 1 meter, namun banjir tersebut tidak mengakibatkan korban.

“BPBD langsung ke lokasi banjir dan membntu para warga yang rumahnya terendam banjir dan melakukan pendataan korban dan kerusakan lainnya serta titik-titik sumber terjadinya banjir,”kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula, Hendra Umabaihi.

Hendra mengatakan, langkah pertama yang dilakukan tim BPBD di lokasi bencana adalah melakukan evakuasi warga terdampak ke tempat yang aman, setela itu langsung melakukan pendataan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Beberapa desa di kecamatan Mangoli Timur kata Hendra petugas BPBD Sula langsung memantau serta mendata jumlah warga yang terdampak akibat banjir. “Kita turun di Desa Waitina, Desa Naflou dan Desa Mangoli,” kata Hendra.

Lokasi yang menjadi sasaran katanya, Desa Waitina, Desa Naflou Kecamatan Mangoli Timur dan Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah, sebab ke dua Desa tersebut juga terdampak banjir. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed