oleh

Bawaslu Minta KPU Haltim Teliti Dalam Rekrutmen PPDP

TERNATE,MSC-Proses perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tak lepas dari pengawasan melekat Bawaslu Kabupaten Halmahera Timur beserta jajaran. Harus memastikan orang-orang yang memiliki loyalitas dan dedikasi dalam bekerja, sebab petugas coklit sangat menentukan langkah awal pelaksanaan pilkada terutama hak pilih setiap warga negara dapat tersalur pada pencoblosan.  

Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir menjelaskan, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 tahapan pembentukan PPDP mulai di laksanakan tanggal 24 Juni hingga 14 juli 2020. Sementara keterpenuhan syarat calon petugas PPDP telah diatur secara khusus dalam PKPU nomor 13 tahun 2017 serta Surat Dinas KPU RI nomor 487/PP.04.2-SD/01/KPU/VI/2020.

“Bawaslu dan jajaran tetap mengawasi tahapan ini dan selalu mengingatkan kepada saudara kami di KPU agar menghindari persoalan yang muncul di kemudian hari,” ungkap Suratman kadir ketika dihubungi malusatu.com, Minggu (5/7/2020)

Untuk itu Suratman menghimbau kepada KPU agar dalam perekrutmen PPDK harus sesuai dengan prosedur yang tertuang pada Juknis maupun PKPU, hal ini untuk mendapatkan PPDP yang berkwalitas dan berintegritas.

Sebab kata Suratman, PPDP yang direkrut nanti akan melakukan pencoklitan terhadap data pemilih, sehingga Suratman berharapa agar KPU dan jajaran di bawah dalam merekrut PPDK menghindari para calo atau titipan sebab ini akan mencedrai nilai-nilai demokrasi.

“Kami juga berharap semua PPDP yang terpilih nanti memiliki Integritas. Ini juga sudah kami sampaikan ke Panwaslu Kecamatan agar memastikan bahwa tidak ada PPDP yang berasal dari anggota dan pengurus Parpol,” sebutnya.

Ia menambahkan, Bawaslu juga memastikan PPS telah melakukan koordinasi dengan RT terkait PPDP yang dibentuk memenuhi syarat, seperti usia minimal 20 tahun hingga 50 tahun.

“KPU nanti juga wajib mengumumkan nama-nama PPDP yang terpilih. Bila dalam pembentukan PPDP tidak sesuai ketentuan, maka Bawaslu akan segera menyampaikan rekomendasi perbaikan kepada KPU,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed