oleh

BNPB Pusat Kembali Sumbang 1 Unit PCR di Maluku Utara

TERNATE,MSC-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berkunjung ke Maluku Utara, Senin (6/7/2020). Tak hanya meminta masyarakat Maluku dan Maluku Utara memanfaatkan potensi kekayaan laut ikan berbagai jenis dan sering menkonsumsi minuman air kelapa muda.

Akan tetapi mantan Pangdam 16 Pattimura itu turut memberikan tambahan satu unit mesin PCR atau polymerase chain reaction dengan sejumlah alat kesehatan, yang langsung diserahkan ke Gubernur KH Abdul Gani Kasuba.

Sebelumnya 1 unit PCR juga telah diterima Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara dua pekan kemarin, hanya saja proses persiapan unutk ranning alat yang di nanti-nanti warga Maluku Utara itu masih membutukan teknisi dari Jakarta.

Sementara Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Dr dr Terawan Agus Putranto dalam keterangan pers menyatakan, kendala di Maluku Utara untuk mengoperasikan mesin PCR karena SDM dimana tenaga yang belum dilakukan pelatihan.    

“PCR-nya sudah ada dan untuk mengoperasionalkan masih membutuhkan tenaga yang terlatih dan otomatis kalau tenaga terlatih bisa diambil dari sini ataupun didatangkan dari luar,” ungkap Menkes Terawan Agus Putranto.

Sebab katanya, persyaratan pengoperasian mesin PCR yang dianggap ketat karena pihaknya tidak menginginkan laboratorium menjadi episentrum atau tempat penularan COVID-19 yang baru. “Ini karena saat pengambilan swab maka virus itu bisa tertularkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr Idhar Sidi Umar saat ditemu malutsatu.com menyebutkan, sejumlah teknisi atau orang yang akan memfungsikan beroperasinya PCR telah berada di RSUD Chasan Bosoirie untuk mengsungsikan alat tersebut sekaligus melatih SDM di Malut.

“Tenaga langsung dari Litbangkes Kementerian Kesehatan, saat ini sudah mulai mengoperasikan PCR bantuan BNPB Pusat di RSUD Chasan Bosoirie,”kata Idhar Sidi Umar, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, tenaga yang ditugaskan langsung oleh Kementerian Kesehatan sudah langsung mengfungsikan alat tersebut. “Insya Allah mereka lakukan sampai beroperasi, kita tinggal manfaatkan,”sebutnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed