oleh

Wakil Bupati Halut Mengaku NHM Telah Menyerahkan Data Karyawan Sembuh

TERNATE,MSC-Data 123 karyawan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) yang sembuh telah diserahkan ke Pemda Halmahera Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten.

Wakil Bupati Halmahera Utara, Muhlis Tapi Tapi mengakui sebanyak 123 orang karyawan PT NHM yang sembuh dari Corona Virus (Covid-19), karena pihak NHM telah menyerahkan data karyawan sembuh ke Pemda Halut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.   

“Sudah tercover semua dan kita juga sudah terima 123 orang yang sembuh dan itu yang diumumkan,” kata Muhlis Tapi Tapi kepada wartawan, usai mengikuti rapat kordinasi dengan Mendagri di Royal Resto Ternate, Kamis (09/07/2020).

Muhlis mengatakan, selama ini NHM melakukan uji swab melalui laboratorium Rumah Sakit (RS) Siloam Manado dan tidak melalui Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, sehingga Gugus Provinsi tidak mengetahui hasilnya.

Selama ini kata Muhlis Gugus Tugas Provinsi menerima hasil yang dikirim oleh mereka di Manado, sedangkan NHM melakukan swab test tidak melalui Gugus Tugas Provinsi. “Jadi Gugus Provinsi menerima hasil swab itu yang dikirim Gugus Provinsi ke Manado dan Makasar, sedangkan NHM swab tidak melalui Gugus provinsi,” ujarnya.     

Muhlis mengaku, sebagian karyawan yang terkonfirmasi positif saat ini telah tempatkan dikarantina yang disediakan Pemda Halut, seperti di Rusunawa dan di tempat karantina lainnya. “Mereka yang positif kita sudah distribusi di tempat karantina untuk penyembuhan,”katanya. 

Ia menjelaskan, sejak awalnya karyawan NHM datang daerah luar dan sudah dilakukan swab ke RS Siloam sebelum mereka tiba di Halut, namun saat hasil swab dinyatakan positif mereka sudah berada di Halut.

“Mereka melakukan koordinasi ke Pemda Halut saat mereka sudah positif berdasarkan hasil swab dan kemudian mereka menjalani karatina. Realitasnya sudah seperi itu jadi yang dilakukan mereka yang positif harus dikarantina agar transmisi lokalnya dibatasi,” tuturnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed