oleh

Terpapar Corona Karyawan PT NHM Meninggal di RSUD Chasan Bosoirie

TERNATE,MSC-Kasus meninggal dunia karena Covid-19 di Maluku Utara bertambah, dimana salah satu pasien terkonfirmasi positif yang merupakan karyawan PT Nusa Halmahera Minelar (NHM) meninggal dunia di RSUD Chasan Bosoirie, Senin (13/7/2020).

Hal itu dibenarkan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Alwia Assagaf. Ketika ditanya apakah pasien positif yang meninggal asal Halut adalah karyawa NHM? “Iya benar karyawa NHM,”sebut dr Alwia Assagaf.

Dalam rillis dr Alwia Assagaf mengatakan, jumlah kasus meninggal Covid-19 terjadi penambahan sebanyak 1 orang yaitu kasus 425 (TS) asal Halmahera Utara, meninggal tanggal 13 Juli 2020. Maka jumlah kasus meninggal sampai hari ini 39 orang.

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku Utara itu, sampai saat ini Pusat data dan informasi (Pusdating) belum menerima secara resmi data laboratorium yang menyatakan almarhum sudah negative atau sembuh Covid-19.

Sebab lanjut dr Alwia Assagaf, dalam ketentuan setiap merillis data Covid-19 Gugus Tugas dalam hal ini Pusdatin baik di Provinsi maupun kabupaten dan kota mengacu pada hasil laboratorium pemeriksa yang sudah diinput di pusat, sehingga data tersebut dapat dipertanggung jawabkan di kemdudian hari.

Juru bicara juga menyampaikan terjadi tambahan kasus baru terkonfirmasi positif sebanyak 13 orang dengan sebaran 11 orang asal kota Ternate dan 2 orang asal Tidore Kepulauan.

Hasil terkonfirmasi positif berdasarkan pemeriksaan melalui   laboratorium TCM RSUD dr. Chasan Boesoiri Ternate sebanyak 22 spesimen (16 orang) yaitu untuk diagnosis 2 orang dan untuk follow up 14 orang serta laboratorium PCR Prodia Ternate sebanyak 18 spesimen (16 orang) dimana 11 orang untuk diagnosis dan 5 orang follow up.

Sementara hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif melalui laboratorium TCM RSUD dr. Chasan Boesoiri Ternate sebanyak 2 orang, dan laboratorium PCR Prodia Ternate 11 orang.

“Maka jumlah kasus positif baru pada hari ini sebanyak 13 orang, dengan sebaran kasus Kota Ternate 11 orang dan kota Tidore Kepulauan 2 orang. Dengan demikian jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 1.143 orang,”sebut dr Alwia Assagaf.

Sementara itu juga berdasarkan hasil pemeriksaan follow up melalui TCM RSUD Chasan Bosoirie dan PCR Prodia Ternate dengan hasil negatif ke dua maka dinyatakan sembuh sebanyak 4 orang, yaitu kasus 46 (HM), kasus 113 (AR), kasus 369 (NT) dan kasus 408 (S).

“Semuanya berasal dari Kota Ternate, untuk itu jumlah kasus sembuh Covid-19 sampai dengan hari berjumlah 137 orang,”kata dr Alwia Assagaf. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed