oleh

Walikota Bersama Puluhan Ribu Warga Ternate Shalat Idul Adha di Masjid Almunawar

TERNATE,MSC-Walikota Ternate H. Burhan Abdurahman bersama puluhan ribu warga kota Ternate melaksanakan shalat idul adha 1441 Hijrian, di Masjid Almunawar Ternate, pada Jumat (31/7/2020).

Selain walikota Burhan Abdurahman terlihat berada di saf paling depan, nampak juga Sekretaris Kota Ternate, Yusup Sunya. Sementara isteri walikota Ternate, Ny. Rosdiana Abdurahman bersama jamaah perempuan berada di lantai II masjid Almunawar.

Bertindak selaku imam pada pada shalat idul Adha 1441 Hirjirah, Imam Rawatib Almunawar, H Muhammad Amri sedangkan Khatib H. Muhammad Zulkiram M. Chaeruddin. Dalama khotbanya, Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban menjadi suatu cara bagaimana Allah SWT memberikan hikmah tentang berkorban dan mengajarkan nilai keikhlasan. Ini tergambar dalam praktik berqurban yang dilakukan setiap Muslim di Hari Raya Idul Adha.

Muhammad Zulkiram menyebut, ada nilai kemanusiaan begitu nyata dalam Hari Raya Idul Qurban ini, rasa kepedulian dan keinginan untuk berbagi tumbuh subur saat itu. Seperti halnya kisah Nabi Ismail AS tidak menjadi terkorbankan karena diganti dengan kambing yang dibawa oleh Malaikat Jibril.

“Apa yang dilakukan oleh Ibrahim sebagai ayah dari Nabi Ismail adalah pengorbanan yang luar biasa. Dia benar tulus dan ikhlas mengenyampingkan hasratnya. Selain itu, ini bagian dari ketaatan Nabi Ibrahim dalam menjalankan syariat-Nya,”sebutnya.

Selain itu katanya, kurban bermakna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai, yakni harta yang telah diperoleh. Dengan berkurban, artinya seorang Muslim memberikan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban, lalu menyembelihnya, dan memakan dan membagikan dagingnya kepada orang-orang di sekitar. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed