oleh

Tersisa 684 Pasien Positif di Malut, Setelah Hari ini 478 Dinyatakan Sembuh

TERNATE,MSC-Angka kesembuhan pasien Positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara naik secara siknifikan mencapai 53,1 persen. Angka ini naik setelah Gugus Tugas Provinsi Malut per Senin 3 Agustus mengumumkan 478 pasien sembuh. Dan total pasien sembuh sebanyak 829 orang.

Dengan demikian dari saat ini tersisa pasien postif Covid-19 di Maluku Utara sebanyak 684 orang, dari 1.562 orang terkonfirmasi positif sejak Maret hingga Agustus. Sedangkan jumlah kasus meninggal Covid-19 sebanyak 49 orang.

Juru bicara dr Alwia Assagaf menjelaskan, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 478 orang dengan sebaran, Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 231 orang, Halmahera Timur sebanyak 101 orang, Kota Tidore sebanyak 82 orang, Kabupaten Pulau Morotai sebanyak 27 orang.

Sedangkan kabupaten Halmahera Barat sebanyak 23 orang, Kabupaten Halmahera Selatan sebanyak 10 orang, dan Kota Ternate sebanyak 4 orang. “Untuk itu jumlah kasus sembuh Covid-19 sampai dengan hari ini berjumlah 829 orang,”sebut dr Alwia Assagaf dalam rillis Gugus Tugas Malut, Senin sore.

Menurut dr Alwia Assagaf kasus kesembuhan tersebut berdasarkan, pedoman terbaru revisi 5 Keputusan Menteri Kesehatan nomor 413 tahun 2020. Dimana untuk kasus konfirmasi positif ada 2 macam yakni bergejala dan tidak bergejala.

Untuk yang tidak bergejala diisolasi  atau menjalani isolasi mandiri selama 10 hari, sedangkan yang  bergejala ringan atau sedang diisolasi minimal 10 hari dan ditambah 3 haru bebas gejala dapat dinyatakan sembuh. Keduanya akan memperoleh surat keterangan selesai pemantauan (sembuh) dari lokasi karantina atau puskesmas (untuk yang isolasi mandiri).

Sedangkan untuk pasien positif yang bergejala berat akan diswab follow up cukup satu kali setelah 1 minggu dari swab pertama (positif). “Jadi tidak lagi harus negaitif 2 kali berturut-turut. Dan surat selesai pemantauan akan dikeluarkan oleh RS yang merawat,”kata dr Alwia Assagaf.

Sementara itu, dr Alwia Assagaf juga menyampaikan penambahan kasus baru terkonfirmasi positif sebanyak 5 orang. Sehingga jumlah total kasus di Maluku Utara sebanyak 1.562 kasus.

“Pada hari ini telah kami terima hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif melalui laboratorium TCM RSUD dr. Chasan Boesorie 1 orang, laboratorium PCR RSUD dr. Chasan Boesorie 4 orang. Maka jumlah kasus positif baru pada hari ini sebanyak 5 orang, dengan sebaran kasus Kota Ternate 3 orang, Halsel 1 orang, dan Halteng 1 orang,”kata dr Alwia Assagaf.

Untuk saat ini yang sementara dirawat di RSUD dr. Chasan Boesoirie sebanyak 2 orang terkonfirmasi positif covid-19. Dan yang sedang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 10 orang dengan rincian 10 orang terkonfirmasi positif covid-19. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed