oleh

KPU Kota Ternate Koordinasi Terkait Rekomendasi Bawaslu

TERNATE,MSC-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate melakukan koordinasi dengan Bawaslu Kota Ternate terkait rekomendasi temuan hasil Verifikasi Faktual (Verfak).

Ketua KPU Kota Ternate M. Zen bersama tiga komisioner lainnya langsung melakukan pertemuan bersama selain ketua Bawaslu Kifli Sahlan juga Rusly Saraha dan Sulfi Majid di kantor Bawaslu Kota Ternate, guna membahas rekomendasi temuan Bawaslu pada Rabu (5/8/2020).

Bawaslu Kota Ternate menemukan sebanyak 14 orang penyelenggara pemilu masuk dalam daftar dukungan bakal calon kepala daerah jalur perseorangan dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate Tahun 2020.

Temuan tersebut berdasarkan hasil pengawasan melekat tahapan Verifikasi Faktual syarat dukungan calon perseorangan di seluruh kecamatan se-Kota Ternate oleh jajaran Bawaslu Kota Ternate.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan adanya penyelenggara pemilu di daftar dukungan calon perseorangan (B.1.1 KWK) telah diidentifikasi jajarab Bawaslu saat melakukan pengawasan verifikasi factual (Verfak).

“Untuk memastikan kebenaran dukungan dari penyelenggara tersebut itulah salah satu yang harus difaktualkan, sebab keberpihakan penyelenggara itu menyalahi etika yang tentu ada sanksinya,” ujarnya.

Selain menemukan 14 penyelenggaran dan berstatus sebagai penyelenggara pemilihan baik jajaran KPU Kota Ternate maupun jajaran Bawaslu Kota Ternate masuk dalam daftar dukungan calon perseorangan, Bawaslu juga menemukan diantaranya Ganda NIK Identik, nama, TTL identik, terdaftar dalam syarat dukungan sebelumnya yang telah di MS kan, tidak terdaftar dalam Formulir AKWK data Pemilih.

Sementara untuk temuan tersebut Bawaslu Kota Ternate telah melayangkan surat rekomendasi guna menindak lanjuti hasil pengawasan Verifikasi Faktual ke KPU Kota Ternate

“Sesuai dengan From A pengawasan, sudah kita layangkan surat rekomendasi kepada KPU agar menindak lanjuti dari hasil pengawasan yang dilakukan saat Verifikasi Faktual beberapa waktu lalu,”tutur Kifli Sahlan.

Sementara itu anggota KPU Kota Ternate Kuad Suwarno usai pertemuan kepada wartawan menjelaskan, apa yang menjadi temuan Bawaslu yang dituangkan dalam rekomendasi akan ditindaklanjuti.

“Iya kita lihat dan kita teliti rekomendasi Bawaslu dan kita lakukan perbaikan sebagaimana temuan dalam rekomendasi. Makanya kita langsung melakukan koordinasi untuk mencocokan temuan tersebut,”kata Kuad Suwarno.

Menurut Kuad Suwarno, bisa saja ada kesalahan teman-teman penyelenggaran di tingkat bawah dalam melakukan faktual di lapangan. Namun paling tidak KPU dan Bawaslu punya keinginan bersama agar DPT yang falid.

Sementara itu data temuan Bawaslu Kota Ternate melaiputi, Ganda NIK 1.486 orang, Potensi Ganda Nama dan TTL identik 160 orang, Penyelenggara 14 orang,  Yang terdaftar dalam Syarat dukungan awal 1.267 orang serta  Tidak terdaftar dalam AKWK 3.060 orang. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed