oleh

Tahun Terakhir Haji Bur Sebagai Irup HUT Kemerdekaan RI

TERNATE,MSC-Pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 nuansanya berbeda. Mengapa tidak, belahan dunia termasuk Bangsa Indonesia berada di masa pandemic.

Begitu juga Upacara HUT RI ke-75 tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan di Lapangan Salero, upacara kali ini dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Ternate.

Selain itu upacar di taun 2020 merupakan upcara terakhir bagi Walikota Ternate Burhan Abdurahman, karena akan mengahiri masa jabatannya sebagai walikota Ternate. Tercatat walikota dua periode itu Akhir Masa Jabatan (AMJ) pada ferbuari 2020 nanti.

Walikota Burhan Abdurahman selaku irup pada upacara yang dimulai sekitar pukul 09.00, dengan pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD, Muhajirin Bailusy. Kapten Inf Halil Majid Jennah Pasi Pers Kodim 1501 Ternate selaku komandan upacara.

Penerapana protocol kesehatan pada upacara tersebut, terlihat selain sejumah undangan lainnya terlihat juga pasukan pengibaran bendera menggunakan APD. Seperti petugas pembawa baki adalah Bella Padma Indah Syabilah siswa SMA N 8 Ternate, sementara pasukan pengibar bendara Bintang Wahyu Syahputra Maruanaya siswa SM Negeri 2 Ternate dan Alif Rizqy Rahmatullah dan SMA N 1 Ternate menggunakan face shield

Jumah pasukan pengibaran bendera dibatasi. Untuk bertugas pagi pada pengibaran bendera berjumlah 18 orang yang disebut sebagai Pasukan Khairun. Jumlah tersebut diisi oleh 10 orang purna Paskibraka 2019 dan 8 orang Paskibraka 2020.

Usai upacara di halaman kantor walikota, Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ternate mengikuti upacara HUT Republik Indonesia ke-75 di Istana Negara lewat virtual.

Pada upacara tersebut seluruh peserta menggunakan pakaian adat Ternate berupa baju sadaria dan penutup kepala tuala lipa. Upacara secara virtual itu dilakukan di Aula Kantor Wali Kota Ternate, Senin (17/8) Walikota didampingi Wakil Walikota, Abdullah Tahir.(red)

Bagikan

Komentar

News Feed