oleh

KPK Luncurkan ACFFest 2020, Peluang Kaum Muda di Maluku Utara Buat Film

Peluangan bagi kalangan generasi muda kreatif di Maluku Utara mengembangkan kemampuan dalam pembuatan film yang bertemakan Anti Korupsi melalui Anti-corruption Film Festival (ACFFest) yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

TERNATE,MSC- Komisi Pemberantasan Korupsi dalam keterangan pers yang disampaikan ke malutsatu.com, dimana kembali menggelar Anti-corruption Film Festival (ACFFest). Melalui ajang kompetisi film pendek dan vlog serta ide cerita film pendek fiksi berdurasi antara 10 – 15 menit, KPK mengajak anak muda untuk tetap kreatif dan kritis lewat medium film.

Ada dua kategori yang dikompetisikan pada ACFFest 2020. Pertama, kompetisi film pendek dan vlog. Terdapat empat jenis kompetisi film pendek yang dapat diikuti, yaitu film pendek fiksi komedi dengan durasi maksimal 15 menit, film pendek dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit, film pendek animasi dengan durasi maksimal 5 menit, dan vlog antikorupsi dengan durasi maksimal 5 menit.

“Kompetisi film pendek ini terbuka untuk umum dan pendaftaran dibuka mulai 19 Agustus hingga 15 November 2020,” kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati Kuding, dalam siaran pers yang diterima malutsatu.com, Rabu pagi (19/8/2020).

Sedangkan kategori kedua, adalah lomba ide cerita film pendek fiksi berdurasi 10 – 15 menit. Sepuluh proposal ide cerita terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp25 juta dan berhak mengikuti Movie Camp Online serta mendapat pendampingan teknis dari mentor lokal.

Kompetisi ide cerita film pendek dibuka mulai 19 Agustus hingga 15 September 2020. Pembuat film yang ide ceritanya terpilih akan diberi waktu untuk produksi film selama 2 bulan pada Oktober – November 2020.

Film-film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian, kemudian akan diputar pada Malam Penganugerahan ACFFest 2020 di Jakarta pada Desember mendatang.

Baik kategori film pendek fiksi maupun proposal ide film pendek, keduanya harus mengangkat tema antikorupsi dengan memuat nilai-nilai integritas, seperti kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhaan, kemandirian, keberanian dan keadilan.

ACFFest 2020 adalah ajang yang keenam sejak digelar pertama kali pada 2013. Penyelenggaraan ACFFest menjadi medium kampanye KPK untuk mendorong masyarakat mengaplikasikan nilai-nilai integritas di dalam kehidupan bermasyarakat.

Visualisasi dalam bentuk film diharapkan dapat lebih menggugah publik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi. Informasi lengkap pendaftaran dapat diakses melalui tautan https://acch.kpk.go.id/id/acffest2020 atau ikuti akun instagram @acffest.kpk.

Secara resmi peluncuran ACFFest 2020 akan dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron secara daring dan dilanjutkan dengan dialog yang disiarkan secara langsung melalui saluran Youtube KPK.

Hadir sebagai narasumber dua sutradara Garin Nugroho dan Naya Anindita, serta Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Rabu, 19 Agustus 2020 pukul 14.00 WIB. Mengangkat tema ‘Kreasi di Tengah Pandemi’, KPK berharap kehadiran ACFFest 2020 dapat memberikan semangat bagi anak-anak muda untuk tetap berkarya, kreatif, peduli, serta kritis dalam mengampanyekan gerakan antikorupsi khususnya di tengah situasi pandemi. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed