oleh

Soal Pelaksanaan Pilkada di Enam Desa Kesepakatan Lahirkan Kesepakatan

TERNATE,MSC-Bawaslu Provinsi Maluku Utara melakukan rapat koordinasi evaluasi hasil pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) enam desa di Kabupaten Halmahera Utara dan cakupan wilayah di Kabupaten Halmahera Barat.

Rapat yang dihadiri oleh KPU Provinsi Malut, Bawaslu Halut dan Halbar, KPU Halut dan Halbar serta dari unsur DPRD serta Pemerintahan Kabupaten Halbar dan Halut, bertempat di ruang rapat Bawaslu Malut, Rabu (19/8/2020).

Dalam rapat lanjutan tersebut, dipimpin Anggota Bawaslu Malut, selaku Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hj. Masita Nawawi Gani, SH, didampingi Anggota KPU Malut, H. Buchari Mahmud, berbagai laporan saat pelaksanaan coklit di wilayah enam desa dan cakupan wilayah kabupaten Halmahera Barat termasuk salah satunya tidak jalannya empat poin kesepakatan awal.

Sehingga dari hasil evaluasi tersebut telah  menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari rapat tersebut, terdapat tiga keputusan, yakni, Pertama, warga yang berdomisili di wilayah 6 (enam) desa Kabupaten Halut dan wilayah cakupan pada Kabupaten Halbar harus terdata dalam  daftar   pemilih  pada pilkada tahun 2020, sesuai dengan alamat pada  KTP/KK atau surat keterangan dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

Kedua, warga 6 (enam) desa di Kabupaten Halut yang belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara Kabupaten Halut harus mendaftarkan diri di PPS Kabupaten Halut  dan sebaliknya warga cakupan 6 (enam) desa di Kabupaten Halbar yang ada di Kabupaten Halut yang belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara  Kabupaten Halbar harus mendaftarkan diri di PPS Kabupaten Halmahera Barat.

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan pemerintah Kabupaten Halmahera Utara berkewajiban mengimbau warganya yang belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara untuk melaporkan diri ke PPS setempat.

Sementara mereka yang menandatangani kesepakatan tersebut, Hj. Masita Nawawi Gani SH (Bawaslu Provinsi Maluku Utara), H. Buchari Mahmud (KPU Provinsi Maluku Utara), Irfan Soekoenay (Ketua Komisi I DPRD Halut), Willem M. Manery (Wakil Ketua DPRD Halut), Anwar S. Kabalmay (Kabag Pemerintahan Halut).

Selain itu, Abdul Rahman (KPU Halbar), Vence Muluwere (Asisten I Halbar), Djufri Muhammad (Ketua Komisi I DPRD Halbar), Andi R Pilly (Dukcapil Halbar), Aknosius datang (Bawaslu Halbar), Ahmad Idris (Bawaslu Halut) serta Ircham P. Puni (KPU Halut). (red)

Bagikan

Komentar

News Feed