oleh

Seorang TKA Asal China Meninggal Akibat Covid-19 di Ternate

TERNATE,MSC-Seorang Warga Negara Asing (WNA) berusia 53 tahun yang merupakan pasien positif COVID-19 di Ternate, Maluku Utara, dinyatakan meninggal dunia, Jumat (21/8/2020).

WNA asal China yang diketahui bernama Mr. Zhang Jianjun merupakan salah satu Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) sebuah perusahaan pertambangan di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Informasi yang diperoleh media ini Mr. Zhang Jianjun meninggal dunia sekitar pukul 03.00 dini hari WIT bertempat di RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate. Dan Mr. Zhang Jianjun tercatat sebagai Pasien Positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan.

Dalam dokumen yang diperoleh identitas pasien Mr. Zhang Jianjun, tempat tanggal lahir Qinghai, 04 Juli 1967, jenis Kelamin Laki-Laki, pekerjaan Karyawan PT. IWIP dan Kewarganegaraan Chinese.

Sebelumnya, pasien tersebut sejak tanggal 12 Agustus 2020 masuk ruang isolasi RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate dari PT. IWIP Kabupaten Halmahera Tengah dengan hasil test swab Positif Covid-19.

Setelah beberapa hari menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Provinsi Maluku Utara dengan keluhan sesak nafas dan batuk kering, akhirnya meninggal dunia saat masih berada di ruang isolasi RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate.

Jenazah TKA Asal China itu saat ini masih berada di Ruang Pemulasaraan Jenazah RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate. Pihak RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate sudah memberikan konfirmasi kepada Kantor Perwakilan PT. IWIP di Ternate untuk pemulangan Jenazah.

Sementera itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr Alwia Assagaf ketikan dikonfirmasi pada Jumat siang membenarkan kematian salah satu pasien Covid-19 di ruang Isolasi RSUD Chasan Bosoirie.

“Iya benar,”jawab dr Alwia Assagaf melalui pesan WhastApp kepada wartawan ketikan ditanya terkait kematian Zhan Jianjun yang merupakan TKA PT IWIP.

Seperti diketahui PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), merupakan perusahaan patungan dari tiga investor China yaitu Tsingshan, Huayou, dan Zhenshi. Kawasan industri IWIP menelan total investasi senilai USD10 miliar, yang merupakan realisasi dari perjanjian antara Eramet group (Perancis) dan Tsingshan. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed