oleh

Sikap Nasdem Menentukan Jumlah Paslon di Pilwako, PKB dan PKS Berpeluang “Lari Kosong”

TERNATE,MSC-Kendati muncul sejumlah kadindat yang akan bertarung di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate pada Pilkada 2020, hanya saja sampai saat ini baru dua pasangan calon (paslon) yang telah memenuhi syarat dukungan partai politik.

Merlisa-Judhi Taslim (MAJU) yang akan diusung empat partai dengan jumlah kursi 8 kursi yakni, PDI-P (3 kursi), PAN (2 kursi), PBB (1 kursi), dan Partai Berkarya (2 kursi). Untuk mendaftar di KPU hanya membutuhkan 6 kursi sebagaimana diisyaratkan dalam ketentuan.

Sedangkan paslon Muhammad Hasan Bay dan Asghar Saleh (MHB-GASS) juga demikian telah memenuhi seat kursi untuk mendaftar. Diusung tiga partai yakni Partai Golkar (3 kursi), Gerindra (2 kursi), dan Hanura (1 kursi) sehingga total jumlah kursi sebanyak 6 kursi.

Belakangan muncul juga Pasangan Yamin Tawari-Abdullah Taher dikabarkan memboyong tiga partai yakni, Demokrat (4 kursi), Perindo (1 kursi) dan PPP (3 kursi). Partai Demokrat berpeluang besar karena Abdullah Taher adalah ketua DPD Demokrat Kota Ternate, begitu juga Yamin Tawari dapat dikatakan sebagai pemilik Perindo.

Jika skenario politik seperti itu, jumlah kursi tersisa saat ini 8 kursi yakni, PKB (4 kursi), Nasdem (3 kursi) dan PKS (1 kursi). Besar kemungkinan akan muncul satu lagi paslon jika terjadi koalisi PKB-Nasdem dengan jumlah seat 7 kursi.

Tapi apa mungkin Nasdem akan berkoalisi dengan PKB, sementara Asghar Saleh adalah kader Partai Nasdem yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW Nasdem Maluku Utara. Jabatan sebagai Sekretaris DPW yang dipilih langsung Ketua DPW Achmad Hatari, bukan tidak mungkin Asghar Saleh punya peluang lebih besar mendapat Nasdem ketimbang calon lain.

Sementara muncul kabar Ketua DPC PKB Muhajirin Bailussy akan bertarung di Pilwako. Siapa yang isukan akan mendampingi Ketua DPRD Kota Ternate itu dalam meraih kursi orang nomor satu di Kota Ternate? Ada nama Firman Mudaffar Syah, putera mendiang Sultan Ternate H. Mudaffar Syah.

Apa garansi jika Firman maju mendampingi Muhajirin Bailussy. Seperti yang pernah dijelaskan Muhajirin di sejumlah media dimana Firman mengaku akan mengambil PKS dan Perindo sebagai syarat melengkapi jumlah kursi jika PKB menggolkan Muhajirin.

Sayangnya, Perindo dikabarkan akan tetap mengusung Yamin Tawari yang merupakan pengurus DPP Perindo. Jika demikian hanya tersisa PKB dengan 4 kursi dan PKS dengan 1 kursi, angka itu belum cukup untuk syarat mendaftar ke KPU yang butuh 6 seat kursi.

Sikap Partai Nasdem sangat menentukan apakah Ternate akan memiliki 4 paslon dalam pertarungan Pilkada tahun 2020 nanti. Jika Nasdem lebih memiih mengusung kader sendiri yaitu Asghar Saleh yang saat ini sudah sangat cukup seat mendampingi MHB mendaftar di KPU, praktktis PKB sebagai partai pemenenang di Kota Ternate dan PKS akan “Lari Kosong”. Artinya keduanya tidak cukup seat untuk mendaftar ke KPU. (red)

Partai Perolehan Kursi di DPRD Kota Ternate :

  1. PKB                   4 Kursi
  2. Demokrat          4 Kursi
  3. Golkar               3 Kursi
  4. PDI-P                3 Kursi
  5. PPP                   3 Kursi
  6. Nasdem             3 Kursi
  7. Gerindra            2 Kursi
  8. PAN                  2 Kursi
  9. Berkarya            2 Kursi
  10. PBB                   1 Kursi
  11. PKS                   1 Kursi
  12. Perindo             1 Kursi
  13. Hanura              1 Kursi

Jumlah           30 Kursi

Bagikan

Komentar

News Feed