oleh

IDI Malut dan Jurnalis Gugus Tugas Bagi-bagi Masker di Lokasi Wisata

TERNATE,MSC-Sebagai bagian dari upaya mendukung masyarakat dalam rangka penerapan protocol kesehatan pencegahan Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama para Jurnalis liputan Covid-19 yang tergabung dalam Humas Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Minggu (23/8/2020) melakukan aksi bagi-bagi masker kepada masyarakat dengan jumlah 2.500 buah masker.

Turut bersama dalam acara pembagian masker tim promosi kesehatan Dinkes Malut, Bidang Pencegahan Gugus Tugas Provinsi Malut itu, dimana aksi tersebut difocuskan pada lokasi wisata Jikomalamo Ternate. “Pembagian masker tersebut merupakan salah satu bagian implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” kata Koordinator Bidang Humas, Mulyadi Tutupoho.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mendukung masyarakat dalam penerapan protocol kesehatan, sebagia bagian dari upaya pencegahan Covid-19. Mulyadi mengatakan, Jurnalis yang tergabung dalam bidang humas serta IDI Wilayah termasuk bidang pencegahan terlibat langsung dalam kegiatan bagi-bagi masker.

Sementara itu ketua IDI Wilayah Malut, dr Alwia Assagaf pada kesempatan itu mengatakan, tiga hal yang paling penting dalam upaya pencegahan Covid-19 yakni, pakai masker jika keluar rumah, jaga jarak minimal 1 meter serta selalu mencucui tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Namun diantara itu lanjut dr Alwia Assagaf, yang paling dianjurkan adalah penggunaan masker. Sebab katanya, pintu masuk dari virus Corona melalui mata, hidung dan mulut.

Sehingga memakai masker terbukti menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara. “Maka selalu dianjurkan masyarakat disiplin untuk menggunakan masker,”sebutnya.  

Dikatakan, Virus dapat menyebar melalui kontak langsung ketika seseorang mengeluarkan tetesan dari batuk atau bersin kepada orang lain. Atau, bisa pula dari kontak tidak langsung ketika seseorang batuk atau bersin pada suatu permukaan benda yang kemudian disentuh oleh orang lain.

Sejumlah dokter kata dr Alwia Assagaf dilibatkan dalam kegiatan bagi-bagi masker sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat berupa kegiatan baksos, selain kegiatan penyuluhan kesehatan, serta pelayan langsung kepada masyarakat yang datang berobat. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed