oleh

KPU Haltim Beri Waktu 7 Hari Pergantian Almarhum Muhdin Ma’bud

MABA,MSC-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) memberikan waktu selama 7 hari ke partai pengsung untuk melakukan pergantian  Calon Bupati Haltim almarhum Ir Muhdin Ma’bud.

Ketua KPU Haltim Mamat Jalil mengatakan, dengan adanya berhalangan tetap karena meninggalnya bakal calon Bupati Haltim Muhdin Ma’bud yang berpasangan dengan Anjas Taher KPU memberikan waktu ke partai pengsung untuk melakukan pergantian selambat-lambatnya 7 hari terhitung sejak berhalang tetap.

“Jadi kami memberikan waktu ke partai pengusung selama 7 hari untuk mengantikan almarhum calon Bupati Muhdin Ma’bud,”katanya, saat rapat bersama dengan perwakilan partai pengusung dan Bawaslu, bertempat di Kantor KPU Haltim, Sabtu (5/9/2020).

Meski begitu, terkait limit waktu pergantian calon, yang diatur dalam pasal 79 PKPU pencalonan, selain diberikan waktu 7 hari, adapun waktu 30 hari sejak penetapan calon sebelum pencalonan.

“Terkait dengan batas waktu kami juga agakan berkoordinasi dengan KPU Provinsi maupun KPU pusat, akan tetapi saat ini kami memberikan waktu selama 7 hari,”kata Mamat Jalil.

“Kalau mengantikan pasangan maka dinyatakan gugur. Jadi hanya bisa menggantikan posisi saja. Mislanya kalao calon bupati berhalangan maka calon wakil bupati digeserkan ke calon Bupati, sebaliknya pun demikian. Dan itu tergantung kesepakatan bersama partai pengusung,”cetusnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan partai pengusung Jasmin Noh, yang juga anggota partau Hanura, mengatakan jika semua partai pengusung sudah ada komunikasi baik dengan pengurus DPP. “Yang jelas kami sudah ada komunikasi dengan pihak DPP, jadi tinggal proses melengkapi kelengkapan adminstrasi calon penganti,”terangnya

Akan tetapi disinggung soal siap yang akan menggantikan posisi almarhum Muhdin Ma’bud, dirinya belum mau membebrkan namnya. Namun dirinya mengaku jika hal itu akan ada pembicaraan dengan partai pengusung dan juga memberikan ruangan kepada pihak keluarga almrham untuk siap yang akan menggantikan posisi almarhum.(can).

Bagikan

Komentar

News Feed