oleh

Ketua Bawaslu Malut Kecam Pengrusakan Kantor Bawaslu Halsel

TERNATE,MSC-Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin SH MH, mengecam keras aksi pengrusakan kantor Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan. Muksin secara tegas meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Sebagaimana diketahui, kaca di salah satu ruangan kantor yang merupakan ruang kerja salah satu komisioner Bawaslu, dirusak orang tak dikenal. Peristiwa itu diduga terjadi pada Minggu (13/9.2020) malam atau senin dinihari.

“Kami sudah instruksikan Bawaslu Halsel untuk membuat laporan polisi terkait kejadian ini. Hal demikian tidak dapat ditolerir apalagi dengan cara-cara yang melanggar hukum,” ujarnya.

Meski menduga kuat aksi pengrusakan itu terjadi akibat imbas dari ‘memanasnya’ suhu politik pasca pendaftaran calon beberapa waktu lalu, namun oleh Muksin, tidak ingin berspekulasi itu dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. “Biarlah nanti aparat penegak hukum yang akan memprosesnya,” ujarnya.

Kepada jajaran penyelenggara Pilkada di Halsel, utamanya para pengawas, Muksin berharap tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan aksi tersebut. “Teruslah bekerja secara profesional, mengedepankan independensi dan berikhtiar terhadap situasi yang terjadi,” pintanya.

Kepada masyarakat sendiri Muksin menghimbau agar dapat menjaga suasana Kantibmas agar pilkada dapat berlangsung dengan aman dan damai.

“Mari ciptakan demokrasi yang sehat di Halmahera Selatan. Jangan kotori dengan aksi-aksi brutal dan teror terutama pada penyelenggara,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed