oleh

BNNP Maluku Utara Bangun Komitmen Bersama Cakada

TERNATE,MSC-Lima orang calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Maluku Utara menjalani pemeriksaan urine di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara, Senin (21/09) yang merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon dimana sebelumnya telah diperiksa urine sejumlah 41 bapaslon dari 8 Kabupaten/Kota.

Bapaslon yang diperiksa urine pada hari ini sejumlah 5 bapaslon yakni Ubaid Yakub dan Azis Arafat bapaslon dari kabupaten Halmahera Timur, Judi Taslim bapaslon wakil walikota Ternate, La Ode Arfan, bapaslon wakil bupati Halmahera Selatan dan Deni Palar, bapaslon Bupati Halmahera Barat.

Ketua tim pemeriksa yang juga Kabid P2M BNNP Malut, Drs. Hairuddin Umaternate M.Si menjelaskan tahapan pemeriksaan urine yakni pengisian formulir bagi bapaslon, pernyataan komitmen P4GN setelah terpilih mereka terpilih.

“Pernyataan komitmen ini yang akan menjadi pegangan  dan akan ditagih jika terpilih yakni komitmen dari aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan Narkotika di wilayah masing-masing,”katanya.

Kepada para bapaslon dan KPU serta Bawaslu yang hadir, Ketua tim juga mengingatkan akan ada pertanyaan terkait strategi masing masing bapaslon untuk pencegahan dan pemberantasan Narkoba di dapil masing-masing pada saat debat kandidat nanti. Para Bapaslon selanjutnya diarahkan ke toilet dan dilakukan pengambilan urine dengan dikawal petugas pemeriksa.

Dari pernyataan komitemen salah satu bapaslon menyatakan keseriusannya jika terpilih maka seluruh ASN sebelum dilantik harus tes urine dan akan melakukan penyuluhan pencegahan Narkoba di sekolah, selebihnya yang lainnya berkomitmen akan membangun kantor BNN Kabupaten.

“Hasil pemeriksaan urine oleh BNNP Malut ini akan diserahkan ke KPUD kabupaten kota penyelenggara pemilukda 2020 di Provinsi Maluku Utara,”kata Haerudin.

Pemeriksaan urine yang dimulai pada kloter pertama (7-11 September 2020) dan dilanjutkan pada hari ini (21/09). Dengan demikian ke-46 bapaslon dari 8 Kabupaten/Kota, telah melakukan pemeriksaan urine di BNN Provinsi Maluku Utara  dilaksanakan secara tertib, aman dan lancar. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed