oleh

Polres Ternate Langsung Tempatkan Walpri Bagi Pasangan Calon

TERNATE,MSC-Kepolisian Resor (Polres) Kota Ternate telah menyiapkan 16 orang personil anggota Polri yang bertugas sebagai Pengawal Pribadi (Walpri) pada semua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate.

Wakapolres Ternate Kompol Jufri Dukomalamo dalam rapat di KPU Kota Ternate menyampaikan, setelah penetapan nomor urut paslon walikota dan wakil walikota Polres Ternate langsung menyerahkan Walpri di masing-masing paslon.

“Untuk Walpri semua paslon telah kita siapkan anggota yang bertugas, dimana masing-masing paslon dikawal 2 orang walpri,”ungkap Kompol Jufri Dukomalamo saat rapat bersama di kantor KPU, Rabu (23/9/2020).

Wakapolres juga mengatakan, berdasarkan kesepakatan KPU, Bawaslu dan tim paslon agar pasangan calon Walikota dan wakil Walikota Ternate yang telah ditetapkan KPU tidak membawa massa dan arak-arakan pada pencabutan nomor urut besok, Kamis (24/9).

Hal tersebut ditegaskan dalam rapat kata Jufri Dukomalamo demi memutus rantai penyebaran Covid-19, dan ia meminta agar semua Paslon mematuhi peraturan pemerintah terkait Prokes kesehatan, dan Maklumat Polri.

“Kami menghimbau agar kita senantiasa mematuhi protokal kesehatan Covid-19. Sehingga masyarakat tetap sehat, kami juga menghimbau agar Paslon tidak menghadirkan banyak massa atau arak-arakan Pra dan selesainya pengundian nomor urut besok. Kita harap Pilkada sukses, dan masyarakat tetap sehat,” tegas Jufri.

Sementara itu Ketua KPU Kota Ternate M. Zen Abdul Karim mengatakan, pengundian nomor urut Paslon besok dilakukan di Sahid Bela Hotel, dalam rapat pleno terbuka. Sesuai dengan pasal 9 PKPU nomor 6 tahun 2020 bahwa ada pembatasan jumlah yang hadir.

“Jadi kami sudah membatasi jumlah yang hadir, maksimal 60 orang termasuk Paslon, undangan pihak terkait seperti Forkopimda, Bawaslu dan lainnya,” jelas Zen.

Ketua KPU menghimbau agar setiap tahapan Pilkada tetap mematuhi protokal kesehatan Covid-19, dengan menggunakan APD lengkap. KPU juga akan selalu menyimpan sarana lainnya, misalnya hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

KPU juga kata M Zen telah melakukan rapat pleno tertutup penetapan pasangan calon Walikota dan wakil walikota Ternate yang pada Pilkada serentak tahun 2020, hari ini Rabu (23/9/2020).

Sesuai dengan PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pilkada serentak dengan protokal kesehatan, yang terakhir telah diubah PKPU nomor 10 tahun 2020 maka rapat pleno penetapan dilakukan secara tertutup, dalam rangka mematuhi protokal kesehatan.

“Pleno kita lakukan secara tertutup berdasarkan PKPU dan juga maklumat Kapolri, dalam rangka mematuhi protokal kesehatan Covid-19. Kita telah menetapkan empat Paslon sesuai dengan pendaftaran. Jadi seluruh Paslon yang mendaftar di KPU Kota Ternate dinyatakan memenuhi syarat,”ungkap M.Zen, usai melakukan rapat pleno tertutup penetapan Paslon di Pilkada Kota Ternate, Rabu (23/9).

Secara resmi kata M.Zen, keempat Paslon akan siap kontestasi di Pilkada Kota Ternate danhasilnya telah disampaikan ke masing-masing LO tima Paslon. Keempat Paslon yakni, Paslon Muhammad Hasan Bay-Mohamad Asghar Saleh (MHB-GAS), Merlisa Marsaoly-Judhi Taslim (MAJU), Mohammad Yamin Tawari-Abdullah Taher (YAMIN-ADA), serta M.Tauhid Soleman-Jasri Usman (TULUS). (red)

Bagikan

Komentar

News Feed